Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI PEREDARAN DARAH DI KELAS VIII SMPNEGERI 4 MEDAN T. P. 2016/2017

Dian Arisetya (STKIP RIAMA MEDAN Jl. Tritura No. 6, Harjosari II Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara 20147)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Abstrak : Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada materi peredaran darah di kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun pembelajaran 2016/2017.Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan melalui model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Penelitian ini merupakan PTK (penelitian tindakan kelas)yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, reflesksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.Data penelitian ini diperoleh dari angket dan tes (pretest-posttes) yang hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem peredaran darah dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar siswa dengang menggunakan model NHT (Numbered Head Together) pada siklus I dengan nilai adalah 33,2%, siklus II 54,1% dan siklus III adalah 76,1%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem peredaran darah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran biologi. Kata-katakunci :Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...