Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar

PENERAPAN TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PKn MATERI BUDAYA INDONESIA SD NEGERI 8 MEULABOH

Munira Munira (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Izwar Izwar (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV Materi Budaya Indonesia SD Negeri 8 Meulaboh. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 8 Meulaboh yang berjumlah 14 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara total sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan data ketuntasan belajar (observasi dan tes). Hasil penelitian di SD 8 Meulaboh pada siswa kelas IV didapatkan bahwa hasil belajar siswa rata-rata 91,4 dengan banyaknya siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebanyak 13 siswa dari 14 orang siswa. Hal ini berarti bahwa ketuntasan belajar siswa sudah ada peningkatan sebesar 27,1% yaitu dari 64,3% menjadi 91,4% pada siklus II. Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran PKn pada materi budaya Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi tersebut sehingga tuntas belajarnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...