Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2014): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

MENINGKATKAN PEMAHAMAN MELALUI MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA SD NEGERI GUNONG KLIENG ACEH BARAT

Dian Kristanti (STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat 23615)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan pemahaman melalui media manipulatif pada siswa SD Negeri Gunong Klieng Aceh Barat. Adapun media manipulatif yang digunakan adalah media papan berpaku.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Gunong Klieng Aceh Barat semester genap tahun ajaran 2011/2012.Data diperoleh dari skor UAS siswa, hasil pekerjaan atau skor tugas siswa, hasil pengamatan, dan hasil wawancara.Hasil penelitian yang diperoleh adalah pembelajaran matematika dengan bantuan media papan berpaku dapat memahamkan siswa tentang materi bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan klasikal pada siklus II yang mencapai 91,13% dengan rata-rata nilai tes siswa 88,13 dan kesalahan konsep hanya sedikit. Kata kunci : pemahaman, media manipulatif, SD.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...