Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SEUMANTOK KABUPATEN ACEH BARAT

Dian Kristanti (STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat 23615)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2018

Abstract

Abstrak: Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi geometri bangun ruang dikarenakan metode yang sering dipakai guru matematika di SD Negeri Seumantok adalah metode konvensional. Hal ini membuat siswa pasif, bosan, tidak serius, dan ribut dalam belajar sehingga siswa tidak paham dengan materi pelajaran yang dipelajari. Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw ini dilaksanakan pada kelas V SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen. penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model pembelajaran  kooperatif teknik Jigsaw pada pelajaran Matematika materi geometri bangun ruang berpengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang. Selain dari itu peneliti juga bertujuan untuk membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan guru sehingga tujuan utama tercapai yaitu meningkatkan hasil belajar siswa.. Metode/model pembelajaran yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw pada kelas V SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen dengan jumlah 20 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis PTK.Kata-kata kunci:Penerapan, model, Jigsaw, Meningkatkan, Hasil Belajar Siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...