Abstrak: Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi geometri bangun ruang dikarenakan metode yang sering dipakai guru matematika di SD Negeri Seumantok adalah metode konvensional. Hal ini membuat siswa pasif, bosan, tidak serius, dan ribut dalam belajar sehingga siswa tidak paham dengan materi pelajaran yang dipelajari. Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw ini dilaksanakan pada kelas V SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen. penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw pada pelajaran Matematika materi geometri bangun ruang berpengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang. Selain dari itu peneliti juga bertujuan untuk membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan guru sehingga tujuan utama tercapai yaitu meningkatkan hasil belajar siswa.. Metode/model pembelajaran yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw pada kelas V SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Seumantok Kecamatan Pante Ceureumen dengan jumlah 20 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis PTK.Kata-kata kunci:Penerapan, model, Jigsaw, Meningkatkan, Hasil Belajar Siswa.
Copyrights © 2018