Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SD KELAS II NEGERI PAYA PEUNAGA KECAMATAN MEUREUBO

Mardhatillah Mardhatillah (STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat 23615)
Esi Trisdania (STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat 23615)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi pada siswa SD N Paya Peunaga di kelas II SDN Paya Peunaga  masih terdapat siswa yang kemampuan membacanya kurang. Hal ini terbukti dari kemampuan membaca siswa masih rendah dalam satu kelas, terdapat 18 siswa setengah dari 18 orang telah fasih membaca sedangkan sisanya masih ada yang belum lancar membaca, belum bias mengeja yang benar bahkan masih ada yang belum mengenal huruf dengan sempurna. Mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang baru dan menarik serta dapat menarik minta siswa dalam membaca salah satunya adalah pembelajaran berbasis macromedia flash. Penelitian ini bertujuan untuk Merencanakan media Macromedia flash yang interaktif agar siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca. Metode yang dilakukan adalah Reseach and Development tahapan dalam dalam penelitian ini diawali dengan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji pemakaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Dan hasil uji pemakain produk yaitu : hasil penilaian aspek pembelajaran 75 % dengan kategori baik dan hasil penilaian aspek materi memperoleh 80 % dengan kategori sangat layak hasil penilaian media memperoleh skor rata-rata 80 % dengan kategori sangat baik. Kata-kata kunci: pengembangan, media pembelajaran macromedia flash, membaca.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...