Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUAKTIMAH

Rita Suriyanti (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Izwar Izwar (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri Suaktimah Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah contextual teaching and learning. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Suak Timah sebanyak 23 siswa. Penelitia ini telah dilaksanakan di SD Negeri Suak Timah pada bulan November 2013. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, tes dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai siswa kelas IV SD Negeri Suak Timah dalam menulis deskripsi melalui pembelajaran kontekstual telah mencapai ketuntasan KKM 65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode contextual teaching and learning dalam menulis deskripsi telah mencapai ketuntasan belajar rata-rata 66,95% atau dengan KKM Klasikal 73,91%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...