Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri Suaktimah Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah contextual teaching and learning. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Suak Timah sebanyak 23 siswa. Penelitia ini telah dilaksanakan di SD Negeri Suak Timah pada bulan November 2013. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, tes dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai siswa kelas IV SD Negeri Suak Timah dalam menulis deskripsi melalui pembelajaran kontekstual telah mencapai ketuntasan KKM 65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode contextual teaching and learning dalam menulis deskripsi telah mencapai ketuntasan belajar rata-rata 66,95% atau dengan KKM Klasikal 73,91%.
Copyrights © 2018