Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2018): EQUALS

Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Permainan Lego Math pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat

Indah Suciati (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Alkhairaat)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana permainan lego math dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematis siswa pada materi operasi perkalian bilangan bulat pada siswa kelas III B SDN Pengawu Tahun Ajaran 2018/2019. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, pemberian tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III B SDN Pengawu mengalami peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi operasi perkalian bilangan bulat, dengan peningkatan masing-masing sebesar 10,5% dan 14,75%. Metode ini juga meningkatkan ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal masing-masing sebesar 23,8% dan 9,4%. Adapun langkah-langkah permainan Lego Math dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis, yaitu: (1) meninjau permainan Lego Math, (2) menjelaskan prosedur dan aturan permainan, (3) mengatur siswa secara berkelompok, (4) memberikan kartu soal dan Lego, serta (5) memulai permainan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...