Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam
Vol 3 No 1 (2018)

KORELASI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA

Akhsin Ridho (FTIK Institut Agama Islam Negeri Jember)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2018

Abstract

Model pembelajarannya sangat beragam, termasuk Course Review Horay. CRH digunakan sebagai variabel utama dalam penelitian karakter pada anak usia anak di tingkat pendidikan dasar. Sampel dari populasi penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Guwa Lor dengan menggunakan teknik cluster random sampling termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif fase Freidrich Herbart dan menggunakan metode penelitian desain kuasi-eksperimental yang merupakan bagian dari pengembangan desain eksperimental yang benar. Desain kontrol posttest-only menggunakan wawancara, studi kasus, dan metode tes di kelas 5 dan 6. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (a). Perubahan karakter pada siswa, terutama kemampuan berkomunikasi secara efektif semakin baik dan meningkat. (b). Mampu memotivasi kemampuan tersembunyi siswa yang diam karena beberapa hal mulai mengeksplorasi kemampuannya. (c). Mampu Meningkatkan interaksi sosial siswa dengan teman sebayanya. (d). Dorong kegiatan belajar siswa lebih aktif dan dinamis seiring dengan meningkatnya komunikasi verbal siswa antara guru, siswa, dan teman.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Ar-rihlah

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Environmental Science

Description

Ar-Rihlah Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam diterbitkan untuk memacu kreativitas dan pengembangan Pendidikan Islam secara berkelanjutan. Dewan Redaksi menerima tulisan dari berbagai kelompok yang memiliki perhatian terhadap pendidikan terutama pendidikan Islam yang membahas isu-isu atau ...