Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 2, No 2 (2019): September 2019

Perbedaan Perkembangan Motorik Antara Anak Taman Kanak Kanak di Daerah Perkotaan dan Pedesaan Menggunakan Instrument Denver II

Aulia Aulia (Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara)
Saiful Batubara (Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2019

Abstract

Perkembangan motorik adalah perkembangan kontrol gerakan tubuh melalui aktivitas saraf utama, sarafsamping, dan otot. Setiap anak adalah individu yang unik, karena faktor pewarisan dan lingkungan yangberbeda, perkembangan dan pencapaian kemampuan juga berbeda, tetapi akan mengikuti pola umum. Tujuandari penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaan dalam aspek motorik anak prasekolah yang merupakananak-anak di taman kanak-kanak yang berbeda di kota dan pedesaan menggunakan instrumen Denver II.Penelitian ini menggunakan metode perbandingan Cross-Sectional dengan sampel diambil sesuai denganmetode Purposive sampling di mana sampel untuk setiap populasi ditetapkan untuk 50 anak. Dengan demikiantotal sampel adalah 100 anak-anak dari TK kota dan pedesaan. Hasil penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney, dimana hasil uji Mann-Whitney dalam pengembangan motor lunak didapat dari skor p = 0,393,karena signifikansi p = 0,393 0,05, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan dalam pengembanganmotorik lunak antara anak-anak di TK kota dan pedesaan. Dan hasil analisis uji Mann-Whitney dalampengembangan motorik keras mendapat skor p = 0,648 p 0,05, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaanperkembangan motorik keras antara anak-anak di TK kota dan pedesaan. Penelitian ini diharapkan dapatmeningkatkan pengetahuan dan penambahan dalam bidang kesehatan. Selain itu, diharapkan dari guru prentdan TK untuk selalu mengawasi perkembangan motorik anak-anak dengan memperhatikan faktor-faktor yangmempengaruhinya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...