cover
Contact Name
Pandu Prabowo W
Contact Email
panduprabowo@fkip.uisu.ac.id
Phone
+6281271579499
Journal Mail Official
best@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
ISSN : 26148064     EISSN : 26544652     DOI : https://doi.org/10.30743/best
Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni dan Juli s/d Desember.
Articles 503 Documents
Pengaruh Model Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI IPA SMA Swasta Prayatna Medan Dewi Sutriani Saragih; Nurhasnah Manurung
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.362 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 tahun pembelajaran 2015/2016. Peneletian ini dilaksanakan pada tanggal 13 April 2016 sampai 28 April 2016. Peneltian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas XI IPA SMA Prayatna Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 170 siswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dari kelas XI IPA 2 dengan cara pengambilan sample acak (Random Sampling). Instrument dalam peneltian ini adalah tes hasil belajar berupa pre test dan pos test.Hasil belajar siswa yang menggunakan model Mind Map diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 33 siswa (82,5%) dan yang tidak tuntas adalah 7 siswa (17,5%) dengan nilai rata-rata 74,35 dan standart deviasi 10,14. Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung Ltabel yaitu 0,1120 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung Ftabel = 1,2 1,7 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung ttabel atau 6,040 1,718 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 Tahun Pembelajaran 2015/2016
Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Mengajar Guru di SMP Negeri 1 Tigabinanga Makmur Sembiring Sembiring
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.254 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen berbasis sekolah dan metode pembelajaran tethadap motivasi mengajar guru di SMP Negeri 1 Tigabinanga. Dalam hal ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara manajemen berbasis sekolah dan metode pembelajaran terhadap motivasi mengajar guru. Teknik pengembangunan sampel menggunakan metode sensus dimana wilayah penelitian ini hanya meliputi daerah atau subyek yang sangat sempit. Peneliti merasa perlu untuk meneliti secara keseluruhan tanpa harus mengambil sampel dalam jumlah tertentu yaitu sebesar 35 orang. Hasil penelitian pada SMP Negeri 1 Tigabinanga menunjukkan bahwa variabel manajemen berbasis sekolah dan metode pembelajaran berpengaruh serempak terhadap motivasi mengajar guru. Manajemen berbasis sekolah dan metode pembelajaran secara parsial berpengaruh terhadap motivasi mengajar guru di SMP Negeri 1 Tigabinanga.
Keanekaragaman Family Malvaceae Di Hutan Taman Eden 100 Sebagai Bahan Perangkat Pembelajaran Biologi Masnadi Masnadi; Nurhasnah Manurung; Pandu Prabowo Warsodirejo
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 2, No 2 (2019): September 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.333 KB) | DOI: 10.30743/best.v2i2.1816

Abstract

Penelitian di Hutan Taman Eden 100 yang terletak di kawasan Lumbang Rang, Desa Sionggang Utara, Kec.Lumban Julu, Kab. Toba Samosir Sumatera Utara telah dilakukan selama 3 bulan yang dilaksanakan daribulan April sampai dengan bulan Juni 2019. Penelitian dilakukan dengan menggunakan “Metode Survey atauEksplorasi”. Tujuan penelitian untuk mendapatkan data spesies dari tumbuhan family Malvaceae yang adadi hutan Taman Eden 100 kemudian dibuat herbarium dan untuk menghasilkan perangkat pembelajaranberupa modul sebagai bahan ajar Biologi mata kuliah Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat 12 jenis tumbuhan family Malvaceae dengan 6 genus Malvaceae yaituAbelmoschus, Abutilon, Hibiscus, Malvaviscus, Sida dan Urena dengan 12 jenis Malvaceae yaituAbelmoschus moschatus, Abutilon megapotamicum, Hibiscus rosa-sinensis, Hibiscus rosa-sinensis ‘DaintyPink’, Hibiscus rosa-sinensis ‘Double’, Hibiscus rosa-sinensis ‘Variegata’, Hibiscus acetosella, Hibiscussabdariffa, Hibiscus tiliaceus, Malvaviscus arboreus, Sida rhombifolia dan Urena. Hasil Analisis datadiperkuat deskripsi dan habitat dari masing-masing jenis tumbuhan family Malvaceae. Tumbuhan familyMalvaceae yang ditemukan di hutan Taman Eden 100 masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan totalgenus keseluruhan yaitu Malvaceae memiliki sekitar 82 genus dengan sekitar 1.500 species yang terdiri dariHibiscus memiliki lebih dari 200, Sida memiliki 200 species, Abutilon memiliki 190 species, dan Malva 40species. Hal ini mungkin disebabkan karena daerah cakupan penjelajahan atau eksplorasi yang diteliti kurangluas.
Hubungan Gaya Belajar Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan Tahun 2013 Siska Anggreni Lubis; Mega Dwi Pertiwi; Saiful Saiful Batubara
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.512 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.853

Abstract

Strategi belajar yang menarik minat mahasiswa secara tidak langsung akan berpengaruh pada proses belajar . Selama mahasiswa mempunyai inisiatif sendiri dalam belajar, maka ia akan menunjukkan minat yang tinggi untuk belajar sehingga akan menghasilkan ketekunan dan ketertarikan dalam belajar. Hal tersebut juga akan mengarahkan mahasiswa untuk menentukan sendiri tipe belajar yang disukainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya belajar mahasiswa dengan tingat prestasi belajar dan pengaruh gaya belajar terhadap tingkat prestasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan metode cross sectional . Sampel pada penelitian ini berjumlah 87 responden yang diambil dengan metode simpel random sampling. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan kuesioner . data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan sistem komputerisasi dan ditampilkan dalam bentuk presentasi. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh bahwa mahasiswa menggunakan gaya belajar visual 21 responden (50,0%) mendapatkan IP sangat memuaskan dibandingkan mahasiswa yang menggunakan gaya belajar auditori  17 responden (70,8%) mendapatkan IP sangat memuaskan, dan kinestetik 12 responden (80,0%) mendapatkan IP sangat memuaskan.hasil uji chi-square yang dilakukan pada penelitianini didapatkan bahwa p=value 0,0000dari pada p =0,05
Efektivitas Pengendalian Gulma Berdaun Sempit Dengan Menggunakan Herbisida Gus-Bensol (Garam, Urea, Sabun Colek, Bensin, Solar) Saroha Manurung; Aulia Juanda; Suci Wandani
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.832 KB) | DOI: 10.30743/best.v2i1.1789

Abstract

Herbisida Gus-Bensol merupakan pemberian nama dari suatu pencampuran lima bahan kimia yaitu garam, urea, sabun colek, bensin dan solar. Berdasarkan hasil uji awal yang dilakukan, herbisida Gus-Bensol memiliki potensi untuk dijadikan sebagai herbisida alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh herbisida Gus-Bensol terhadap pengendalian gulma berdaun sempit dan tingkat kematian gulma di perkebunan kelapa sawit.Penelitian ini dilakukan pada areal praktek perkebunan kelapa sawit Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) kampus Medan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2018. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 2 faktorial, yang terdiri dari 4 perlakuan dan ulangan sebanyak 3 kali. Pengujian parameter disusun pada daftar sidik ragam dan dilakukan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf 5% . Hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan dalam herbisida Gus-Bensol dapat membunuh gulma berdaun sempit. tingkat keracunan gulma paling tinggi terdapat pada 7 Hari Setelah Aplikasi (HSA) pada perlakuan G1P3 : Imperata cylindrica + 75 ml / liter Gus-Bensol yaitu 70,88 % pada hari ke 7, G2P3 Setaria palmifolia + 75 ml / liter Gus-Bensol yaitu 70,65 % pada hari ke 7dan yang terkecil pada G1P0 Imperata cylindrica dan G2P0 Setariolia palmfolia yaitu 0,71 % (kontrol). Hal ini menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi herbisida Gus-Bensol mempengaruhi besarnya tingkat kematian gulma berdaun sempit di perkebunan kelapa sawit. Daya racun yang ditimbulkan oleh herbisida Gus-Bensol bersifat kontak karena terlihat dari bercak-bercak dan terbakarnya bagian gulma yang terkena herbisida Gus-Bensol.
Kompetensi Pedagogik Guru Profesional Hasrita Lubis
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 2 (2018): September 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.829 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i2.788

Abstract

Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang Guru Profesional. Kompetensi paedagogik merupakan praksis perilaku kinerja guru dalam proses pembelajaran. Perilaku kerja guru dalam proses pembelajaran dilandasi demgam pijakan teoretis kompoen kompetensi paedagogik sebagai berikut : karakteristik peserta didik, teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik, Pengembangan kurikulum, Kegiatan pembelajaran yang mendidik dan pengenbangan potensi peserta didik peserta didik dapat mengaktualisasikan potensinya seoptimal mungkin melalui proses pembelajaran
Cakupan Imunisasi Dasar Terhadap Standar Pelayanan Minimal di Puskesmas Desa Binjai Tahun 2018 Alamsyah Lukito
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.499 KB) | DOI: 10.30743/best.v2i1.1775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil cakupan imunisasi dasar terhadap standarpelayanan minimal di Puskesmas Desa Binjai tahun 2018. Untuk mengetahui distribusi frekuensiberdasarkan usia. Untuk mengetahui distribusi dan frekuensi berdasarkan jenis kelamin. Untukmengidentifikasi pencapaian cakupan imunisasi dasar terhadap standar pelayanan minimal diPuskesmas Desa Binjai tahun 2018. hasil penelitian di Puskesmas Desa Binjai diperoleh databahwa dari 94 orang, mayoritas respoden dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 52 orang(55,3%), serta minoritas responden dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 42 orang (44.7%).cakupan imunisasi HB0 sebanyak 94 orang yaitu (100%) dengan target pencapaian standarpelayanan minimal 80 %. Cakupan imunisasi BCG sebanyak 94 orang yaitu (93,6 %) dengan targetpencapaian standar pelayanan minimal 90 %. Cakupan imunisasi DPT/HB1, DPT/HB2, DPT/HB3sebanyak 94 orang yaitu (100 %) dengan target pencapaian standar pelayanan minimal 95 %.Cakupan imunisasi Polio 4 sebanyak 94 orang (91,5 %) cenderung lebih rendah dari cakupanimunisasi Polio 1, Polio 2, Polio 3 yaitu 100 % dengan target pencapaian standar pelayananminimal 95 %. Cakupan imunisasi campak sebanyak 94 orang yaitu (95,7 %) dengan targetpencapaian standar pelayanan minimal 85 %. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwacakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi usia 12-24 bulan di Puskesmas Desa Binjai tahun 2018telah mencapai target standar pelayanan minimal imunisasi yaitu 90%.
Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Khairani Azmi; Edi Azwar
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.955 KB) | DOI: 10.30743/best.v1i1.623

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Juni 2017. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen Semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 106 siswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 35 siswa dari kelas X-2 dengan  pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berupa test yaitu pre test dan post test pada materi Pencemaran Lingkungan..Nilai rata-rata pre test sebelum diterapkan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan menggunakan media permainan monopoli adalah 45,00 dan standart deviasi 11,79 seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan nilai rata-rata post test yang diperoleh setelah model diterapkan adalah 75,80 dan standart deviasi 12,33. Berdasarkan nilai KKM 75,00 sebanyak 20 siswa (57%) yang tuntas dan 15 siswa (43%) tidak tuntas. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 11,22 sedangkan nilai ttabel = 1,69 sehingga thitung ttabel, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal
Efektivitas Bio Herbisida Pulp Kakao (Theobroma cacao L) Dengan Beberapa Tingkat Kematangan Fermentasi Terhadap Pengendalian Gulma di Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) Aulia Aulia Juanda; Saroha Saroha manurung; Yasser Subroto Ginting
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.215 KB) | DOI: 10.30743/best.v2i1.1769

Abstract

Bioherbisida dari pulp kakao merupakan salah satu produk sampingan dari kakao, yang masih belum dimanfaatkan secara optimal. Berdasarkan hasil tes awal, fermentasi cair pulp kakao berpotensi untuk digunakan sebagai bio-herbisida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh lama fermentasi bioherbisida pulp kakao untuk mengendalikan gulma. Penelitian ini dilakukan di area perkebunan kelapa sawit kampus Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan. Penelitian dilakukan pada bulan Mei dan Juli 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial, terdiri dari 4 perlakuan dan diulang 3 kali. Parameter pengujian disusun pada daftar varians dan menguji Least Significant Difference (LSD) pada level 5% dan 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioherbisida pulp kakao mengandung asam asetat yang dapat meracuni gulma. Persentase keracunan gulma tertinggi dalam 3 Hari Setelah Aplikasi (HSA) tingkat persentase toksisitas 26,00% MI, MII 30,00%, dan sebesar 31,00% MIII. Ini menunjukkan bahwa lama fermentasi mempengaruhi jumlah kandungan asam cuka untuk setiap perawatan. Toksisitas yang disebabkan oleh bioherbisida pulp kakao adalah herbisida kontak seperti yang terlihat dari permukaan daun yang layu tampak seperti terbakar, bagian yang terkena dampak fermentasi air limbah pulp kakao
Pengaruh Pemberian Air Jeruk Lemon Terhadap Kualitas Produk Nata de Coco Sri Wahyuni
BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol 2, No 2 (2019): September 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.592 KB) | DOI: 10.30743/best.v2i2.1817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi air Jeruk Lemon terhadap kualitas Nata decoco juga sebagai pengganti cuka dan pemberi aroma terhadap kualitas nata de coco. Penelitian inimenggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dengan konsentrasi(0%, 2%, 4% dan 6%) dan 3 ulangan. Parameter yang diamati adalah ketebalan, kadar serat, keasaman (PH),dan uji organoleptik. Hasil Hasil penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis dengan ANAVA dan ujilanjut DMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa air jeruk nipis memberikan pengaruh nyataterhadap ketebalan, kadar serat kasar, keasaman (pH) dan uji organoleptik. Perlakuan terbaik adalah padaperlakuan konsentrasi air jeruk nipis 2% yang menghasilkan ketebalan 0,93cm, kadar serat kasar 1,98%,keasaman (pH) 4,42 dan organoleptik tekstur, warna,dan tingkat kesukaan terbaik.

Page 1 of 51 | Total Record : 503