Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa kelas va melalui penerapan metode pigura belsa (pembelajaran integrasi guru anak belajar sains) di sdn pajagalan II sumenep tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalahi teknik observasi langsung, Wawancara tertutup, kuesioner dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I sampai pada siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar yang signifikan yaitu 80,6. Hal ini mengalami peningkatan sekitar 9,9 poin dari rata-rata pada siklus sebelumnya yaitu 70,7. Sedangkan ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebelumnya 62,5 % naik menjadi 87,5% dengan kenaikan/ peningkatan sekitar 25%.
Copyrights © 2018