Administraus Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen
Vol. 1 No. 1 (2017): Administraus: Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen

MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN IZIN GANGGUAN / HO PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN

Andhika Dwitama (Pascasarjana STIA Bina Banua Banjarmasin)
Murakhman Sayuti Enggok (STIA Bina Banua Banjarmasin)
Anhar Yani (STIA Bina Banua Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2017

Abstract

This study aims to determine the level of public satisfaction in the service permit disruption in Kota Banjarmasin. The research method used is a quantitative descriptive approach, to determine the public's satisfaction in the management of permit disruption. This study uses a sample of 150 people who are determined based on the cluster region with a reference to KepMenPan. 16 of 2014. While the Data Analysis Technique using the four steps of procedures that have been standard set by the Decree of the Minister of Administrative Reform. The results showed that of 14 indicators used that refer to the results of the Satisfaction Survey Kota Banjarmasin is as follows; The indicator of the requirement of obtaining, the average value service is 3.57 very good; Procedure to get Service, the average value is 3.79 very good; the service completion time, the average value is 2.77 good; Service cost, the average value is 2.80 good; Standard Service, the average rating is 3.55 very good; Ability officer in serving, average value is 3,63 very good; Hospitality officer Service, the average value is 3,67 very good; Response Officer Service, the average value is 2.71 Good; Informed / Promise Service, the average score is 3.60 Very good; Complaint Procedure, the average value is 3.38 is very good; Response Officer Complaint, the average value is 3.29 very good; Phone Service, Fax, Email and website, the average value is 3.09 good; Comfort and cleanliness facilities (waiting room, toilets, parking etc.), the average value is 2.42 bad; and Security products service, the average value is 3.19 good. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan izin gangguan/HO di Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang dunakan adalah penedekatan deskriptif kuantitatif, untuk mengetahui kepuassan masyarakat dalam pengurusan ijin gangguan/HO dalam penelitian ini menggunakan sample sebanyak 150 orang yang ditetapkan berdasarkan kluster wilayah dengan berpatokan pada KepMenPan No. 16 Tahun 2014. Sedangkan Teknik Analisa Data dengan menggunakan 4 langkah prosedur yang telah baku yang ditetapkan oleh Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 14 indikator yang digunakan yang merujuk pada hasil Survey Kepuasan Masyarakat Kota Banjarmasin adalah sebagai berikut.Indikator persyaratan mendapatkan pelayanan nilai rata-ratanya adalah 3,57 sangat baik, Prosedur mendapatkan Pelayanannilai rata-ratanya adalah 3,79 sangat baik, waktu penyelesaian pelayanannilai rata-ratanya adalah 2,77baik, Biaya Pelayanan, nilai rata-ratanya adalah 2,80 baik, Standart Pelayanan, nilai rata-ratanya adalah 3,55sangat baik, Kemampuan petugas dlam melayani, nilai rata-ratanya adalah 3,63sangat baik, Keramahan petugas Pelayanan, nilai rata-ratanya adalah 3,67 sangat baik, Respon Petugas Pelayanan, nilai rata-ratanya adalah 2,71 baik, maklumat/Janji Pelayanan, nilai rata-ratanya adalah 3,60sangat baik, Prosudur Pengaduan, nilai rata-ratanya adalah 3,38 sangat baik, Respon Petugas Pengaduan, nilai rata-ratanya adalah 3,29 sangat baik, Pelayanan Telpon, Fax, Email dan website, nilai rata-ratanya adalah 3,09 baik, Kenyamanan dan kebersihan sarana (ruang tunggu, toilet, parkir dll, nilai rata-ratanya adalah 2,42 berada pada tidak baik), dan Keamanan produk pelayanan, nilai rata-ratanya adalah 3,19 baik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

administraus

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Ilmu Administrasi. ...