Administraus Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen
Vol. 2 No. 3 (2018): Administraus Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen

KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA: (Studi Perbandingan Desa Mattone Kampung Baru dan Desa Pasar Baru pada Pelaksanaan Program 1 Milyar 1 Desa di Kabupaten Tanah Bumbu)

Cici Asmawatiy (STIA Bina Banua Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

The results showed that the performance of the Village Government in the implementation of the 1 Billion 1 Village program in Mattone Kampung Baru Village and Pasar Baru Village, in terms of the Village Government's responsiveness in accommodating and realizing community aspirations, was considered good. Productivity of development implementation, especially infrastructure development in Pasar Baru Village is achieved more maximally and of good quality, while for New Mattone Kampung Village the achievement of infrastructure development productivity is in accordance with the standards. The responsibility of the Village Government in monitoring infrastructure development in Mattone Kampung Baru and Pasar Baru Villages, the Village Government divided the work according to the duties and functions of each business. Village Government Accountability in the form of Village Government Accountability Reports (LPJ) to the community in Pasar Baru Village was delivered in writing through the information media available at the Pasar Baru Village Office to the community through the BPD and verbally through village meetings, and for a period of 5 (five ) This year no village government LPJ that was rejected by the village community showed good accountability by the Pasar Baru Village Government. While in Mattone Kampung Baru village, it was only carried out verbally to the community members through village meetings and meetings. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Pemerintah Desa dalam pelaksanaan program 1 Milyar 1 Desa di Desa Mattone Kampung Baru dan Desa Pasar Baru, dalam hal Responsivitas Pemerintah Desa dalam menampung dan merealisasikan aspirasi masyarakat, dalam menjaring dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dinilai sudah baik. Produktivitas pelaksanaan pembangunan terutama pembangunan infrastruktur pada Desa Pasar Baru tercapai secara lebih maksimal dan berkualitas baik, sementara untuk Desa Mattone Kampung Baru pencapaian produktivitas pembangunan infrastruktur sudah sesuai dengan standar. Responsibilitas Pemerintah Desa dalam pengawasan pembangunan infrastruktur di Desa Mattone Kampung Baru dan Desa Pasar Baru, Pemerintah Desa melakukan pembagian pekerjaan sesuai tugas dan fungsi masing-masing urusan. Akuntabilitas Pemerintah Desa dalam bentuk Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Desa (LPJ) kepada masyarakat di Desa Pasar Baru disampaikan secara tulisan melalui media-media informasi yang ada di Kantor Desa Pasar Baru kepada masyarakat melalui BPD dan lisan melalui pertemuan di desa, dan selama waktu 5 (lima) tahun ini tidak ada LPJ pemerintah desa yang ditolak oleh masyarakat Desa ini menunjukan akuntabilitas yang baik oleh Pemerintah Desa Pasar Baru. Sementara pada desa Mattone Kampung Baru hanya dilakukan secara lisan kepada warga masyarakat melalui pertemuan dan rapat desa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

administraus

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Ilmu Administrasi. ...