Jurnal Borneo Humaniora
Vol 1, No 2 (2018)

MENINGKATKAN SKOR TOEFL LISTENING MAHASISWA MELALUI GROUP INVESTIGATION BAGI MAHASISWA SEMESTER EMPAT JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Vega, Nofvia De (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan skor TOEFL pada bagian Listening melalui Group Investigation bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester empat (IV). Untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest sebelum diberi perlakuan, data dianalisis menggunakan desain pre-experiment one group pretest-posttest. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengajaran TOEFL Listening Test menggunakan model pembelajaran Group Investigation memberikan hasil yang baik dengan meningkatnya nilai TOEFL pada pretest sebesar 37,68 dan posttest sebesar 45,16. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

borneo_humaniora

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Borneo Humaniora adalah jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dosen. Yang tergolong dalam rumpun ilmu humaniora yaitu: Ekonomi, Teologi, Filsafat, Hukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian ...