Musamus Journal of Public Administration
Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Public Administration

Kapitalisasi Agama Menuju Pasar, Komodifikasi Dan Komersialisasi “Agama”

Aenal Fuad Adam (Departement of Public Administration, Faculty Society and Political Science, Musamus University, Merauke, Papua, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2019

Abstract

Perkembangan pasar produk halal dan Syariah yang banyak menembus telah mengalami badai besar di pasar yang mempengaruhi pergeseran pemasaran produk. Tujuan kajian ini untuk melihat apakah yang dimaksud oleh Greg Fealy sebagai komodifikasi agama benar-benar menjadi fenomena konsumsi yang mendukung penyebaran dan memudahkan hidup sebagai seorang muslim dalam pergeseran produk halal dan syariah terhadap ekonomi pasar global. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup konsumerisasi mencerminkan dan mengintersepsi sistem kapitalism yang dipandang sebagai sesuatu yang dulunya berbeda satu sama lain tetapi sekarang memiliki cadangan dan mengembangkan sistem satu sama lain untuk akumulasi modal pasar. Pembeli muslim mengidentifikasi produk untuk mencari iman dan pengakuan itu, sementara produk menggunakan simbol islam dan mengatakan untuk mendapatkan keuntungan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fisip

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Focus and Scope Musamus Journal of public administration (MJPA e-ISSN 2622-917X, p-ISSN 2622-6499) is a peer-reviewed journal published by the Department of administration, Faculty of political science, University of Musamus, Merauke, Papua, Indonesia. MJPA is published twice a year (October and ...