Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius : Journal of Chemistry Education

Penerapan Penuntun Praktikum Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit

Istiani Astari Nanangkong (Universitas Negeri Manado)
Rymond Rumampuk (Universitas Negeri Manado)
Djefry Tani (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran kimia yaitu beragam pemahaman siswa terhadap suatu materi, siswa kurang memahami konsep kimia yang diajarkan. Tujuan penelitian ini untuk melihat hasil belajar siswa & menerapkan penuntun praktikum dengan menggunakan metode discovery learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi penuntun praktikum. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan angket. Hasil validasi dari beberapa ahli yang terdiri dari tiga validator mununjukan bahwa penuntun praktikum berada pada kategori valid dengan presentasi 86,84 . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum dengan menggunakan metode discovery learning mencapai nilai KKM dan 70% siswa melampaui nilai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...