Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 1 No 2 (2019): Oxygenius : Journal of Chemistry Education

Pengaruh Penggunaan Metode Case Based Instruction (CBI) terhadap Pemahaman Siswa Kelas X pada Materi Hukum-Hukum Gas di SMA Negeri 1 Tompaso

Astrid Magritha Singal (Unima)
Wilson Rombang (Universitas Negeri Manado)
Djefry Tani (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran CBI lebih tinggi dari pemahaman siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tompaso, sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Dapat dilihat dari hasil uji F (One Way ANOVA) menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 11.07599 > 4.04 dan nilai probabilitas P value < 0,05 yaitu 0.001685 < 0,05 dan hasil uji t diperoleh hasil = 3,32812 = 1,677. Jadi, Thitung > Ttabel , maka tolak Ho dan terima H1 sehingga . Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Case Based Instruction lebih tinggi dari pada pemahaman siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...