NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)

JAMINAN MUTU DAN UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU PADA ABAD PENGETAHUAN

Us, Kasful Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2015

Abstract

Semua orang sepakat bahwa pendidikan masih diyakini sebagai satu-satunya menstrasfer ilmu pengetahuan dari satu generasi ke generasi berikutnya sebagai upaya mencerdaskan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dirinya berdaya, berkapasitas memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk menbangun kesejateraan hidupnya. Di Indonesia juga, pendidikan menjadi tumpuan untuk mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tenga Sistem Pendidikan Nasional. Namun pendidikan ditanah air tengah menghadapi permasalahan bersifat multidimensi, pada semua aspek variable pendidikan, termasuk kualitas guru yang berakibat pada rendahnya kualitas pendidikan. Karena itu perlu paradigma baru yang sesuai dengan tuntutan zaman dalam memperoduksi guru berkompetensi dan profesionalitas dalam melakasanakan profesi keguruannya sebagai salah satu aktor utama dalan sistem pendidikan untuk meningkatklan kualitas pendidikan yang berdaya saing. Profesionalitas sebagai penunjang kelancaran guru dalam melaksanakan tugasnya, sangat dipengaruhi oleh dua faktor besar yaitu faktor internal yang meliputi minat dan bakat dan faktor eksternal yaitu berkaitan dengan lingkungan sekitar, sarana prasarana, serta berbagai latihan yang dilakukan guruKata Kunci :   Jaminan mutu, Profesionalitas guru, Abad pengetahuan

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

nurelislam

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan the journal is published by Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education, Islamic Economics and Religious Studies. The languages used in this journal are ...