cover
Contact Name
M. Syukri Ismail
Contact Email
msyukri_ismail@staiyasnibungo.ac.id
Phone
+6282278916431
Journal Mail Official
jurnalnurelislam@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Sumatera KM.04 Sungai Binjai Kec. Bathin III Kab. Bungo Provinsi Jambi Kode Pos 37211
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
ISSN : 23377828     EISSN : 25276263     DOI : -
NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan the journal is published by Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education, Islamic Economics and Religious Studies. The languages used in this journal are Indonesia, English and Arabic. This journal is published twice a year, April and October in printed and online version. The editors receive scientific articles of academics, lecturers, and researchers who have never been published by other Journals.
Articles 434 Documents
KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN AL-HADITS (Studi Tentang Perencanaan) Kurniawan, Sugeng
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Al-Qur?anul karim sebagai kitab suci kaum muslimin antara lain berfungsi sebagai ?hudan?sarat dengan berbagai petunjuk agar manusia dapat menjadi khalifah yang baik di muka bumi ini. Untuk memperoleh petunjuk tersebut diperlukan adanya pengkajian terhadap al-Qur?an itu sendiri, sehingga kaum muslimin benar-benar bisa mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari pada isi kandungan al-Qur?an tersebut yang di dalamnya kompleks membahas permasalahan-permasalahan yang sudah terjadi, sedang terjadi, maupun yang belum terjadi. Semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia, maupun keberadaan alam ini sudah termaktub dalam al-Qur?an. Termasuk permasalahan mulai dari asal kejadian manusia, sampai pada aktivitas yang dilakukan manusia dalam hal ini tentang Manajemen Pendidikan, hal tersebut sudah tertulis di dalam al-Qur?an.Kata Kunci:   Manajemen, Pendidikan, Al-Qur?an dan Al-Hadits.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 SAMBI Ariyanto, Soni Yuda
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia pada kelas VIII B SMP Negeri 1 Sambi Boyolali yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Matchsiswa yang aktif materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia sebanyak 17 siswa atau 42,50%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran Index  Card  Match, siklus I meningkat menjadi 23 siswa atau 57,50% dan siklus II meningkat menjadi 31 siswa atau 77,50%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan ?Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Index  Card  Matchdapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Sambi Boyolali Tahun 2010? terbukti dan dapat diterima kebenarannya.Kata Kunci:   Index Card Match, keaktifan siswa, mata pelajaran PKn.
KAPITALISME PENDIDIKAN (Analisis Dampaknya Terhadap Upaya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa) Solihin, Muhammad
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat sosial, tidak salah jika ada yang menyatakan bahwa terpuruknya Ekonomi dan Politik suatu bangsa disebabkan telah diabaikannya pendidikan. Karena pada hakikatnya proses kehidupan adalah proses pendidikan, dan begitu juga sebaliknya proses pendidikan merupakan proses kehidupan. Sehingga dapat disimpulkan pendidikan adalah bidang kehidupan manusia yang paling vitaldan fundamentalbagi proses menuju bangsa yang cerdas sehingga berujung pada kesejahteraan dan kemakmuran suatu bangsa. Namun pendidikan seringkali masih dirasakan oleh masyarakat sebagai beban berat. Banyak masyarakat yang tidak dapat sepenuhnya memperoleh pendidikan karena ketiadaan biaya. Pendidikan menjadi barang mewah yang teramat mahal sehingga tidak dapat dijangkau dengan kemampuan uang yang dimiliki. Ini disebabkan budaya kapitalis telah merambah dunia pendidikan, dunia pendidikan tidak luput dari kekejaman kapitalisme yang cenderung hanya bicara uang dan keuntungan materil. Tulisan ini berusaha mengkaji secara kritis tentang fenomena kapitalisme yang telah berkembang dalam dunia pendidikan Indonesia, khususnya sekolah, sehingga menyebabkan perbedaan kualitas pendidikan yang didapatkan oleh masyarakat. Penelitian ini menemukan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan agar dapat mengembalikan pendidikan kepada hakikatnya, yaitu dengan mengembalikan pendidikan ke jatidiri idea sebagai proses mencerdaskan kehidupan bangsa, yaitu pendidikan yang berkualitas sekaligus berkeadilan bagi seluruh anak bangsa. Pendidikan yang berlaku untuk semua tanpa kecuali (education for all), hilangkan hambatan bagi akses pendidikan untuk semua. Temukan alternatif model pendidikan yang bervisi dan berwajah humanis, biaya yang rendah namun bukan berarti pendidikan yang kurang bermutu. Sekolah sebagai pusat pendidikan harus lepas dari budaya kapitalisme yang hanya berorientasi kepada keuntungan materil, sehingga dapat tercapai enam pilar pendidikan, yaitu : Learning To Know, Learning to do, Learning to live together, Learning to be, Learn how to learn, learn throughtout life. Kata Kunci:   Kapitalisme, Pendidikan, Sekolah.
PEMBENTUKAN KARAKTER PRIBADI MUSLIM (Studi Kasus Pada Siswa Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ad-Dhuha Dusun Purwasari Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo) Pohan, Iffah
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pendidikan prasekolah yaitu membantu anak didik mengembangkan  berbagai  potensi  baik  psikis  dan  fisik  yang  meliputi moral dan nilai-nilai agama, emosi sosial, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian, dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar. Perkembangan moral dan nilai-nilai agama berhubungan dengan pembentukan karakter anak. Perkembangan moral dan nilai-nilai agama yang baik adalah penting dalam kesuksesan belajar anak dalam pembentukan karakter anak. Pembentukan karakter pribadi muslim sejak dini pada anak dapat melalui penerapan nilai-nilai agama yang sejalan dengan berkembangnya interaksi anak dengan lingkungannya. Taman Kanak-kanak sebagai lingkungan sosialisasi ke dua bagi anak usia 4-6 tahun adalah tempat di mana anak belajar berinteraksi dengan teman-teman sebayanya serta orang dewasa di luar rumah, dari interaksi tersebut anak mengalami berbagai macam pengetahuan dan perilaku positif serta negatif. Pengalaman-pengalaman perilaku yang anak peroleh ketika berinteraksi di sekolah akan lebih kaya dan bervariasi dibanding dengan pengalaman-pengalaman perilaku yang anak alami di rumah karena anak berinteraksi dengan lebih banyak orang, baik teman yang sebaya dengannya, maupun orang yang lebih tua (misalnya guru), dan yang lebih muda dari anak. Dalam hal ini, sekolah, sebagai tempat merangsang pertumbuhan anak selain di rumah, berperan penting dalam mengoptimalisasi perkembangan moral dan nilai-nilai agama anak di taman kanak-kanak sesuai dengan tahapan usianya. Tulisan ini menyajikan bagaimana pembentukan karakter pribadi muslim yang ditanamkan sejak dini pada siswa TK Islam Terpadu AD-DHUHA Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo.Kata Kunci :   Pembentukan Karakter, Muslim, Usia Dini, dan TK Islam Terpadu AD-DHUHA
JAMINAN MUTU DAN UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU PADA ABAD PENGETAHUAN Us, Kasful Anwar
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semua orang sepakat bahwa pendidikan masih diyakini sebagai satu-satunya menstrasfer ilmu pengetahuan dari satu generasi ke generasi berikutnya sebagai upaya mencerdaskan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dirinya berdaya, berkapasitas memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk menbangun kesejateraan hidupnya. Di Indonesia juga, pendidikan menjadi tumpuan untuk mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tenga Sistem Pendidikan Nasional. Namun pendidikan ditanah air tengah menghadapi permasalahan bersifat multidimensi, pada semua aspek variable pendidikan, termasuk kualitas guru yang berakibat pada rendahnya kualitas pendidikan. Karena itu perlu paradigma baru yang sesuai dengan tuntutan zaman dalam memperoduksi guru berkompetensi dan profesionalitas dalam melakasanakan profesi keguruannya sebagai salah satu aktor utama dalan sistem pendidikan untuk meningkatklan kualitas pendidikan yang berdaya saing. Profesionalitas sebagai penunjang kelancaran guru dalam melaksanakan tugasnya, sangat dipengaruhi oleh dua faktor besar yaitu faktor internal yang meliputi minat dan bakat dan faktor eksternal yaitu berkaitan dengan lingkungan sekitar, sarana prasarana, serta berbagai latihan yang dilakukan guruKata Kunci :   Jaminan mutu, Profesionalitas guru, Abad pengetahuan
PROFESIONALITAS KEPALA SEKOLAH DALAM KEBERHASILAN KURIKULUM 2013 lisin, Muk
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagaimana dikemukakan di dalam pasal 21 ayat 1 Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990 bahwa ?Kepala sekolah bertanggungjawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana?. Namun banyak faktor penghambat tercapainya kualitas keprofesionalan kepemimpinan kepala sekolah seperti proses pengangkatannya tidak transparan, rendahnya mental kepala sekolah yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan semangat serta kurangnya disiplin dalam melakukan tugas, dan seringnya datang terlambat, wawasan kepala sekolah yang masih sempit, serta banyak faktor penghambat lainnya yang menghambat tumbuhnya kepala sekolah yang professional untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  Ini  mengimplikasikan  rendahnya  produktifitas  kerja  kepala sekolah yang berimplikasi juga pada mutu (input, proses, dan output). Pelaksanaan Kurikulum 2013 diserahkan kepada pelaksana satuan pendidikan yaitu (Guru, Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan seluruh institusi terkait dalam pendidikan) dengan pengawasan dan pendampingan secara terus menerus.Kata Kunci :   Kepala Sekolah, Profesionalitas, Kurikulum 2013
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN GADAI DI PEGADAIAN SYARIAH KOTA JAMBI riadi, Bus
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Pegadaian Syariah Jelutung Kota Jambi sebagai kantor cabang pegadaian syariah dengan wilayah kerja Kota Jambi. kajian utama pembahasan dalam penelitian ini dilakukan karena alasan peneliti ingin menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan gadai di Pegadaian Syariah Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis dan metode kuantitatif. Analisis deskriptif merupakan bentuk analisis data penelitian untuk menguji generalisasi hasil penelitian. Penelitian deskriptif analisis digunakan untuk menyajikan gambaran yang terstruktur dan akurat data-data yang diteliti, penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang lebih detail mengenai suatu gejala atau fenomena. Untuk jenis penelitian deskriptif yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin untuk mendapatkan ukuran sampel, untuk metode analisa data menggunakan skala likert. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan gadai pada pegadaian Syariah Jelutung Kota Jambi digunakan model persamaan regresi linear berganda, Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan (simultan) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan yang terdiri dari sistem syariah (X1), promosi (X2)  nilai  taksir  (X3),  prosedur  pencairan  pinjaman  (X4),  terhadap permintaan gadai (Y). Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh paling besar  adalah  prosedur  pencairan  pinjaman  (X4),  karena  memiliki  nilai koefesien regresi tertinggi.Kata Kunci :   Gadai, Pegadaian Syariah, Permintaan Gadai
TAQNIN AL-AHKAM (Legislasi Hukum Islam ke Dalam Hukum Nasional) Syamsoni, Ujang Ruhyat
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam ajaran Islam hukum yang layak dijadikan pedoman adalah hukum yang bersumber dari al Qur?an dan Sunnah Rasul. Keduanya merupakan sumber petunjuk utama bagi umat Islam. Penerapan hukumhukum dalam al Qur?an dan Sunnah Nabi SAW telah dijalankan oleh para sahabat, tabi?in dan para ulama yang datang kemudian. Dalam menghadapi dan menjawab masalah-masalah hukum baru yang belum dijelaskan dalam al-Qur?an dan Sunnah maka para ulama mencoba mencari dan menggali hukum syari?at untuk mendapatkan jawabannya. Usaha tersebut dalam dunia Islam dikenal dengan istinbath al-ahkamdan outputnya dinamakan Fiqh. Karya para ulama dalam bidang fiqh memiliki keragaman pendapat dan telah berpengaruh terhadap pengamalan hukum praktis yang ada dalam masyarakat. Dalam komunitas masyarakat bernegara adanya keragaman pemahaman  fiqh  tentunya  menimbulkan  sedikit  kekhawatiran  adanya ketidakpastian hukum. Demi menjaga persatuan dan kesatuan umat Islam dalam sebuah Negara maka diperlukan sebuah usaha untuk menyatukan berbagai pendapat hukum yang berbeda menjadi suatu hukum nasional berupa undang-undang (qanun) yang memiliki kekuatan hukum yang mengikat. Salah satu upaya tersebut adalah dengan cara Taqnin al-Ahkamatau pengundang-undangan hukum Islam ke dalam sistem perundangundangan nasional.Kata kunci:   Sunnah, fiqh, qanun, dan al-Ahkam
SUNNAH DALAM PERSPEKTIF ORIENTALIS Kholik, Abdul
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 2 No 2 (2015): (Oktober 2015)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this article is to know movements and thoughts of Orientalist towards Sunnah of Prophet Muhammad (peace be upon him). Orientalisme is a term for movements in which its focus is to do research and study about language, social, religion, culture, civilization, etc, of the East (oriental). According to some writer, at least there are three purposes of orientalisme in Islamic world. First is for spreading of Christianity. Second is for colonialisme. Third is for sciences (knowledge) only. Beside that purpose, no doubt that orientalist?s studies also have many beneficial and contribution to knowledge in contemporary world. Sunnah as a second sourse of Islamic Law is not quiet from orientalist?s studies. Their studies (in some case) is to put Islam in doubt and always try in search of weakness of Sunnah. They talk and critic personal of hadits?s transmitter (rawi hadits) with dislike and tendentious in order to make sanction towards Sunnah Nabawiyyah. In this article, writer want to describe views of orientalist and some of Islamic thinkers towards hadits?s figures like Abu Hurairah and Imam Az-Zuhri, also give some critic to their thoughts. In reality, the effort for destroying of sunnah?s holy prophet Muhammad (Peace be upon him) starts from their figures. In spite of that, this article is not comprehensive cover of all their thought and movements.Keywords :   Sunnah, Hadits, Orientalis dan orientalisme.
PENGARUH PELATIHAN PROFESI, BESARAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NURUL KHOIRIYAH KECAMATAN PELEPAT KABUPATEN BUNGO kowo, Sung
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol 3 No 1 (2016): (April 2016)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh pelatihan profesi, besarankompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru di MadrasahAliyah Nurul Khoiriyah Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo, penelitianini menggunakan metode kuantitatif dengan penghitungan data angketmenggunakan alat bantu SPSS20, dengan hasil penelitian: (1) Kegiatanpelatihan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Pengaruhkegiatan pelatihan bermakna terhadap kepuasan kerja dan berhubunganpositif dimana semakin tinggi persepsi positif guru terhadap metodepelatihan yang diikuti maka akan semakin tinggi pula kepuasan kerja gurutersebut; (2) Kegiatan pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerjaguru. Artinya kinerja guru dapat dijelaskan secara langsung oleh persepsiguru terhadap pelatihan yang diikuti guru; (3) Kompensasi berpengaruhsignifikan terhadap kepuasan kerja guru.Artinya kompensasi berpengaruhsecara bermakna terhadap kepuasan kerja guru. Hubungan dua variabelini juga positif dimana semakin tinggi kompensasi yang diterima gurumaka akan semakin tinggi pula kepuasan kerja yang dirasakan guru;(4) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Artinyakompensasi berpengaruh secara bermakna terhadap kinerja guru.Kompensasi dan kinerja guru berhubungan positif yang artinya semakintinggi kompensasi yang dirasakan guru maka semakin tinggi pula kinerjaguru; (5) Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.Artinya kepuasan kerja berpengaruh secara bermakna terhadap kinerjaguru.Kepuasan kerja dan kinerja guru berhubungan positif yang artinyasemakin tinggi kepuasan kerja guru maka semakin tinggi pula kinerja guru.Kata Kunci: Pelatihan, Kompensasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru

Page 1 of 44 | Total Record : 434