Prima Ekonomika : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 9 No 2 (2018): Prima Ekonomika

PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA (LIBRARY USERS) DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI “YKP” YOGYAKARTA

Atik Hendarwati (Unknown)
Nurul Wijayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari lima dimensi kualitaslayanan, yaitu: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy terhadapKepuasan Pemustaka (Library Users) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “YKP” Yogyakarta.Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif di tahun akademik 2017/2018,dengan sampel penelitian sebanyak 80 mahasiswa. Data penelitian berupa data primer yangdiperoleh melalui penyebaran kuesioner tertutup dimana alternatif jawaban menggunakanskala Likert. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t dan uji F.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dua dimensi kualitas layanan, yaituTangibles dan Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pemustaka(Library Users). Sedangkan tiga dimensi lainnya, yaitu Reliability, Assurance dan Empathytidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pemustaka (Library Users)Oleh karena hanya dua dimensi kualitas layanan yang berpengaruh signifikanterhadap Kepuasan Pemustaka (Library Users) maka disarankan untuk meningkatkankualitas layanan perpustakaan, antara lain dengan menambah jumlah koleksi buku,memanfaatkan teknologi informasi yang up to date, misal: fasilitas digital library, penataankoleksi buku yang lebih rapi dan meningkatkan kebersihan ruangan perpustakaan.Kata kunci : tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy

Copyrights © 2018