Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen

Setiawan, Ajis (Unknown)
Qomariah, Nurul (Universitas Muhammadiyah Jember)
Hermawan, Haris (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan pada PT.Borwita Citra Prima Bondowoso. Jenis Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen PT.Borwita Citra Prima Bondowoso. Jumlah sampel 100 responden. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan untuk menguji alat ukur. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa responsiveness  dengan koefisien sebesar 0,003, assurance  dengan koefisien sebesar 0,016, tangible dengan koefisien sebesar 0,037, reliability dengan koefisien sebesar 0,040 berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa bahwa 59,2% kepuasan konsumen dipengaruhi kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SMBI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas ...