cover
Contact Name
Abdul Jalil
Contact Email
ariksusbiyani@unmuhjember.ac.id
Phone
+6285334599691
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Karimata No.49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 2088916X     EISSN : 25412566     DOI : -
Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan Oleh Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 208 Documents
Pengaruh Earning Per Share Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Intervening Pada Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013-2017 Hartanti, Wenti; Hermuningsih, Sri; Mumpuni, Diah Lestari
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.294 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Pengembalian Saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening di perusahaan Properti & Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2017. Sifat penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang digunakan adalah dalam bentuk angka dalam analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah  semua perusahaan properti & real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel diperoleh oleh sejumlah 8 perusahaan properti & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2017. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) EPS memiliki pengaruh positif signifikan terhadap DPR, hal ini ditunjukkan oleh nilai 5,084 dan probabilitas 0,000. (2) DER tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap DPR, ini ditunjukkan dengan nilai -1,101 dan probabilitas 0,278. (3) DPR berpengaruh positif signifikan terhadap Pengembalian Saham, hal ini ditunjukkan dengan nilai 3,174 dan probabilitas 0,003. (4) EPS memiliki efek positif yang signifikan terhadap Pengembalian Saham, ini ditunjukkan oleh nilai 4,043 dan probabilitas 0,000. (5) Efek negatif DER tidak signifikan, ini ditunjukkan oleh nilai 0,946 dan probabilitas 0,350. (6) DPR memoderasi variabel EPS terhadap pengembalian saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai total lebih besar dari nilai efek langsung (0,855> 0,551). (7) DPR tidak memoderasi variabel DER terhadap return saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai total yang lebih kecil dari nilai efek langsung (0,062 <0,129).
Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen Kopi ABC Di Desa Pancoran Bondowoso) Nilawati, Wardha
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.87 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2373

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth dan brand image terhadap minat beli ulang konsumenKopi ABC di Desa Pancoran-Bondowoso.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei.Dengan jumlah sampel 95 responden.Hasil Penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Word of Mouthberpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen dan brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen. Secara simultan brand imagedan Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen Sedangkan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini adalah 58,9%..
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Setiawan, Ajis; Qomariah, Nurul; Hermawan, Haris
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.602 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan pada PT.Borwita Citra Prima Bondowoso. Jenis Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen PT.Borwita Citra Prima Bondowoso. Jumlah sampel 100 responden. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan untuk menguji alat ukur. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa responsiveness  dengan koefisien sebesar 0,003, assurance  dengan koefisien sebesar 0,016, tangible dengan koefisien sebesar 0,037, reliability dengan koefisien sebesar 0,040 berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa bahwa 59,2% kepuasan konsumen dipengaruhi kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.
Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Hernadianto, Hernadianto; Tito, Adrian
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.916 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui penerapan SAK ETAP pada laporan keuangan KSP Timur Indah Kencana Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di KSP Timur Indah Kencana Kota Bengkulu pada bulan Juni 2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dengan membandingkan SAK ETAP dengan penyajian laporan keuangan KSP Timur Indah Kencana Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan KSP Timur Indah Kencana tidak sesuai dengan SAK ETAP seperti terlihat dari beberapa laporan keuangan presentasi dari KSP Timur Indah Kencana kota Bengkulu yang tidak sesuai dengan SAK ETAP seperti, presentasi yang adil, informasi komparatif dan Identifikasi laporan keuangan. Laporan keuangan yang disusun oleh KSP Timur Indah Kencana Kota Bengkulu telah dipandu oleh SAK ETAP, tetapi ada laporan keuangan yang tidak sesuai berdasarkan SAK ETAP yaitu dalam penyajian arus kas dan item neraca.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PT. JNE PAREPARE) Rifai, Abd
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan tetap yang menjadi target, peneliti berasumsi pelanggan tetap adalah mereka yang paling berpotensi merasakan kualitas layanan dengan teknik sampling yang digunakan menggunakan tabel Nomogram.Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Data diperoleh dengan cara menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan Multiple Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Variabel-variabel kualitas layanan Tangible (X1) berpengaruh positif signifikan, variabel Reliaility (X2) berpengaruh positif signifikan, variabel responsiveness (X3) berpengaruh positif signifikan, variabel Asurance (X4) berpengaruh negatif tidak signifikan. Sedangkan Variabel Empathy (X5) berpengaruh positif signifikan. Faktor dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. JNE adalah faktor empati dengan nilai koefisien beta sebesar 0,748. Variabel layanan konsumen berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 63,9%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 36.1%, dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam variabel dalam penelitian ini.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Mahmudah, Henny
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.19 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan ( tangible, reliability, responsiveness, asurance dan empathy) terhadap kepuasan nasabah bank pada Bank BCA KCP Lamongan. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 500 nasabah denga jumlah sampel sebanyak 83 nasabah yang diperoleh dengan rumus Slovin. Untuk menguji alat ukur, digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bukti fisik dan empati berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan variabel kehandalan, daya tanggap dan jaminan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Bengkel Mobil Larasati Lumajang) Maskur, Muhammad; Qomariah, Nurul; Nursaidah, Nursaidah
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2667.817 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.361

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Bengkel Mobil Larasati Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Bengkel Mobil Larasati Lumajang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 70 responden dengan teknik purpossive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji F,uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan (0,191), harga (0,215) dan kepuasan pelanggan (0,352), semuanya berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji F diperoleh hasil kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan, semuanya berpengaruh signifikan (0,000) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji t diperoleh hasil kualitas pelayanan (0,043), dan kepuasan pelanggan (0,003), berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan harga (0,071) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
DAMPAK KOMPENSASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Effendy, Alfian; Qomariah, Nurul; Rozzaid, Yusron
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.155 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplorasi dengan 105 orang karyawan. Menggunakan metode populasi (sensus) yaitu dengan meneliti seluruh populasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer berasal dari hasil penelitian kuisioner dan wawancara. Sumber data sekunder berasal dari artikel, jurnal dan bacaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda (SPSS 16.0 for windows ). Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa :  terdapat pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan; Terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. Kata Kunci : Kompensasi, Kepemimpinan, dan Kepuasan Kerja
KINERJA DAN AKUNTABILITAS LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KABUPATEN JEMBER Chotib, Moch
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.255 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v7i2.1228

Abstract

 ABSTRACTZakat is part of the pillars of Islam. So as a consequence, Muslims are obliged to pay zakat as a duty of their religion. On the other hand, zakat has a humanitarian function (read: social concern for others). According to Qardlawi (1970), one fundamental and fundamental effort to eradicate or minimize the problem of poverty is by optimizing the implementation of zakat. That's because zakat is a source of funds that will never dry and run out. In other words as long as Muslims have an awareness of zakat and as long as the zakat funds are well managed, the zakat funds will always be there and beneficial to the interests and welfare of society, therefore to see the importance of seeing the performance and accountability of the Institute of Amil Zakat (LAZ) in Jember District. The purpose of this study is to analyze and collaborate and describe the fund management process at each LAZ in Jember District. Qualitative studies of the science of administration often use qualitative study methods with case study approaches. The use of qualitative review method with case study approach in this study is important, in order to be able to capture phenomena related to performance and accountability of Lembaga Amil Zakat (LAZ) in Jember District. Based on the results of the study can be concluded that: 1). Aspects of Innovation in the management of LAZ, LAZ National is more innovative than the Local LAZ. 2). Aspects of local wisdom (local wisdom), local LAZ is more innovative, because the National LAZ only does what is central LAZ (read: Parent). 3). Reporting Aspect, National LAZ is more tiered in its reporting from regional to central level both to the central agency (LAZ Center) and to government agencies or government-appointed agencies based on legislation. Whereas the local LAZ only reports to local government agencies or government-appointed agencies based on laws and regulations, and 4). Financial reporting aspect, National LAZ is more obedient by following rules of law by making standard accounting report of zalcat by making Statement of Financial Accounting Standard 109 (PSAK 109), while LAZ Local has not made standard financial report PSAK 109.Keywords: Lembaga Amil Zakat, Performance and Accountability
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT ISLAM LUMAJANG Wardani, Dian Kusuma; Cahyono, Dwi; Herlambang, Toni; Qomariah, Nurul
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.705 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v7i2.1233

Abstract

ABSTRACTThis  study  aimed  to  examine  the  effect  of  leadership  style,  on  the commitment of the organization, and how dapak on job satisfaction and employee performance. Questionnaires were used to test the independent variables, the intervening  variables  and  the  dependent  variable  based  on  the  researcher compiled theoretical study. Statements in the questionnaire has proven its validity. Respondents are all employees of Islamic Hospital numbering as many as 125 employees. Questionnaires were distributed to respondents as many as 125 copies and all questionnaires were returned and filled in correctly so it is worth to be processed. The results of this study indicate that the first hypothesis is that there is a positive influence between the style of leadership of the Organizational Commitment.   Thus   the   leadership   style   variable   test   results   (X1)   on organizational commitment (Z) proved there is not significant positive effect between kulaitas service (X1) on organizational commitment (Z). In the second hypothesis shows that there is a positive influence between Organizational commitment and job satisfaction. Thus the test results variable organizational commitment (Z) to job satisfaction (Y1) proved no significant positive effect of organizational commitment (Z) to job satisfaction (Y1). While in the third hypothesis there is a positive relationship between leadership style on job satisfaction. Thus the results of testing leadership style variable (X) to job satisfaction (Y1) proved no significant positive effect of leadership style (X) to job satisfaction  (Y1).  Proof  fourth  hypothesis  indicates  that  there  is  a  positive influence between organizational commitment to employee performance. Thus the test results variable organizational commitment (Z) on the performance (Y2) proved positive influence is not significant organizational commitment (Z) on the performance (Y2). While in the fifth hypothesis that there is a positive influence among the leadership on employee performance. Thus the results of testing leadership style variable (X) on the performance (Y2) proved no significant positive influence leadership style (X) on the performance (Y2).Key  Words:  Leadership  Style,  Organizational  Commitment,  Job  Satisfaction, Employee Performance

Page 1 of 21 | Total Record : 208