Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MATERI HIMPUNAN KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA

Gustina, Gustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran siswa sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Untuk mengetahui hasil aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi Himpunan dan untuk mengetahui apakah kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas pendidik dalam proses belajar mengajar di kelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) atau classroom action research. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah sebanyak 25 siswa,terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrument yang diguanakan dalam penelitian ini adalah angket, test, LKS, dan lembar observasi.Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis secara kualitatif artinya data yang di peroleh dari pelaksanaan observasi akan di analisis secara kualitatif. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian yang telah disajikan , maka disimpulkan bahwa (1) Gambaran proses pemblajaran siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah menggunakan metode ceramah sehingga kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran dan kurang aktif dalam berdiskusi, sehingga peserta didik didik merasa bosan karena selalu metode ceramah yang di ajarkan disaat proses belajar mengajar berlangsung, maka perlu diadakan perubahan metode belajarnya yaitu dengan menerapkan kooperatif tipe jigsaw. (2) Model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada materi Himpunan pada peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba, dan (3) Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Himpunan pada peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

klasikal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science [p-ISSN 2656-9914| e-ISSN 2656-8772] publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of education, language teaching and science in primary education, secondary education and higher ...