cover
Contact Name
Andi Hamzah Fansury
Contact Email
andyfansury@gmail.com
Phone
+6285255265759
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Urip Sumoharjo Km 4 Kampus 2 Lantai 4 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Published by Universitas Bosowa
ISSN : 26569914     EISSN : 26568772     DOI : https://doi.org/10.52208/klasikal.v3i3
Core Subject : Education,
Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science [p-ISSN 2656-9914| e-ISSN 2656-8772] publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of education, language teaching and science in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education & environmental science.
Articles 195 Documents
AUDIO BOOKS AS TEACHING MEDIA TO BLIND STUDENTS IN LEARNING EFL Fansury, Andi Hamzah; Lutfin, Nursamsilis; Arsyad, Susalti Nur
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.741 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.4

Abstract

The focus of this study on the implementation of audio books as teaching media for blind students in learning English. The purpose of this study was to determine the implementation of audio books as teaching media for blind students in learning English and to find out audio books used in learning EFL. The study was conducted at SLB YAPTI Makassar with a number of samples taken were 20 students conducted randomly. The instruments in this study were tests, observations, and questionnaires. The results of the study show that the implementation of audio books as teaching media for blind students in learning English can help students in the learning process. The implementation of the audio book also increases student motivation in learning because it makes it easier for students to study anywhere and anytime.
EFEKTIFITAS MEDIA KOMPUTER DENGAN PERANGKAT LUNAK POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI PRONOUN PADA PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK SURVEYING DI SMK NEGERI 3 GORONTALO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Yusuf, Maryam
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.674 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis komputer dengan perangkat lunak PowerPoint yang diimplementasikan pada peserta didik kelas X program keahlian Teknik Surveying, dengan harapan dapat meningkatkan ketuntasan belajar Bahasa Inggris peserta didik pada materi Pronoun. Dari data pada siklus I menunjukkan : peserta didik memperoleh nilai kurang dari 75 sebanyak 15 peserta didik (40,54 %)dan rentang nilai lebih dari 75 sebanyak 22 peserta didik (59,46%). Daya serap peserta didik mencapai 75,5 %. Aktifitas peserta didik dari 37 orang terdapat 21 peserta didik (56,76%) termasuk sangat aktif dan aktif, dan 16 peserta didik (43,24 %) tergolong kategori kurang aktif dan tidak aktif. Pada siklus II dari 37 peserta didik diperoleh data nilai kurang dari 75 sebanyak 2 peserta didik (5,41 %) dan rentang nilai lebih dari 75 sebanyak 35 peserta didik (94,59 %). Daya serap peserta didik mencapai 81,49 %. Aktifitas peserta didik dari 37 orang terdapat 29 peserta didik (78,38 %) termasuk sangat aktif dan aktif , dan 8 peserta didik (21,62%) termasuk kategori cukup aktif dan kurang aktif. Data pemanfaatan media dalam proses pembelajaran diperoleh bahwa semua peserta didik sangat tertarik dengan penggunaan media power point. Hal ini dapat dilihat bahwa 100 % peserta didik menyatakan menyenangkan, 89,19 % menyatakan menerima pelajaran dengan mudah, 86,49 % peserta didik menjadi lebih aktif, peserta didik sangat termotivasi sebanyak 75,68 % dan 83,78 % peserta didik menyatakan paham, peserta didik yang menyatakan jenuh dalam menerima pelajaran tidak ada, tetapi yang menyatakan tidak merasa bosan sebanyak 33 peserta didik (89,19 %). Tingkat kesungguhan peserta didik dalam memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan dengan media pembelajaran sangat besar yaitu 75,68 %, dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang menyatakan nilainya menjadi lebih bagus sebanyak 29 peserta didik (78,38 %), meningkatkan semangat dalam belajar peserta didik menyatakan lebih giat belajar sebanyak 35 peserta didik (94,59 %). Dari data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan media perangkat lunak power point secara signifikan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang selama ini dilakukan
PRE-SERVICE TEACHERS PERFORMANCE IN IMPLEMENTING TEACHING METHODS AT TEFL CLASS Maulina, Maulina; Rusli, Tri Indah
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.407 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.6

Abstract

This study aimed to describe the implementation of microteaching activity by pre-service teachers in TEFL 2 class as well as to get an overview of the problems faced during microteaching so that they are able to improve the competence of teaching English later in both schools and other educational institutions. In this study, the method used was descriptive qualitative. The subject of the study were taken purposively by considering the achievement gained in previous subject namely in TEFL I class they reached the average value of 90 out of 100 with the number of subjects four (4) pre-service teachers. Data were collected through observation using video recording and field note as well as semi structured-interview. Aspects to be analyzed were methods used from opening, main, and closing activities by considering the characteristics of the method applied. The results of this study showed that Grammar Translation Method (GTM) and Audio-Lingual Method (ALM) became a method preference during the microteaching. Pre-service teachers showed no hesitation and well prepared in applying the methods. Translation activities, dialogue memorization, repetition technique, word pair technique, and game grammar technique were occurred. Problems faced were the gap between the theories and the practice of teaching methods such as lack of skills in facial and body expression, classroom management, and stresses with noises from classmates as the students
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MATERI HIMPUNAN KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA Gustina, Gustina
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.157 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran siswa sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Untuk mengetahui hasil aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi Himpunan dan untuk mengetahui apakah kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas pendidik dalam proses belajar mengajar di kelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) atau classroom action research. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah sebanyak 25 siswa,terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrument yang diguanakan dalam penelitian ini adalah angket, test, LKS, dan lembar observasi.Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis secara kualitatif artinya data yang di peroleh dari pelaksanaan observasi akan di analisis secara kualitatif. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian yang telah disajikan , maka disimpulkan bahwa (1) Gambaran proses pemblajaran siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah menggunakan metode ceramah sehingga kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran dan kurang aktif dalam berdiskusi, sehingga peserta didik didik merasa bosan karena selalu metode ceramah yang di ajarkan disaat proses belajar mengajar berlangsung, maka perlu diadakan perubahan metode belajarnya yaitu dengan menerapkan kooperatif tipe jigsaw. (2) Model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada materi Himpunan pada peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba, dan (3) Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Himpunan pada peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba
AN ANALYSIS OF THE TRANSLATION PRODUCTS FROM ENGLISH TEXT INTO INDONESIAN LANGUAGE Jumiaty, Andi Asri
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.901 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.10

Abstract

This research found out the students’ error in translating English text into Indonesian language at Muhammadiyah University of Makassar. This research investigated students’ ways in translating and understanding the meaning of the text translated from English to Indonesian. A descriptive analysis was used in this research with the population was consisted of 107 students and applied purposive sampling technique and the chosen 60 students were taken as samples. The data was in the form of translation test. The result of the data analysis showed that the students’ error types in translating English text into Indonesian were 81.6 % generated translation was a literal translation and was 11 out of 60 students, or about 18.4% used the general translation from mistranslation or lexical meaning. And also it was found out that the students’ error in lexical meaning. And there were 43 % which has translated in general translation errors. This analysis was very useful for the teacher and students. It helped the students to know their weaknesses and difficulties in translating English text into Indonesian. It can be concluded that the students are directed to learn more and practice to translate about English text into Indonesian language
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA Razak, Rahmawati
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.673 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui gambaran pembelajaran Biologi sebelum penerapan model kooperatif Team Assisted Individualization (TAI), untuk mengetahui aktivitas pendidik dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi peserta didik setelah diimplementasikan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kooperatif tipe model Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba dengan jumlah peserta sebanyak 21 orang. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tahap Observasi, Tes/evaluasi, Dokumentasi dan Angket. Berdasarkan hasil observasi penelitian tindakan kelas model pembelajaran kooperatif tipe TAI serta mengacu pada rumusan masalah dalam penelitian ini yang dilaksanakan selama dua siklus, maka peneliti memperoleh kesimpulan dari hasil penelitian tindakan ini. Adapun kesimpulan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah meningkatnya aktivitas pendidik ditandai setiap siklus diantaranya pada siklus1 pada pertemuan pertama memperoleh skor rata-rata yaitu 50,85 persen pada pertemuan kedua memperoleh skor dengan rata-rata 62,9 persen. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 80 persen, meningkatnya aktivitas peserta didik pada setiap pertemuan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, Meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam setiap siklus pembelajaran. Pada siklus I hasil belajar 62,9 persen sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80 persen, dan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkatkan hasil belajar peserta didik.
KESANTUNAN BAHASA GURU DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR DI SMP NEGERI 35 MAKASSAR Asdar, Asdar; Hamsiah, Hamsiah; Angreani, Andi Vivit
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.162 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan kesantunan bahasa lisan guru dalam proses belajar-mengajar di SMP Negeri 35 Makassar. Hal yang mendorong peneliti melakukan penelitian ini adalah karena dalam proses belajar-mengajar terjadi beberapa jenis komunikasi, yaitu komunikasi guru – siswa, siswa – guru, dan siswa – siswa. Namun, fokus penelitian ini adalah tuturan guru terhadap siswa. Hal lain yang memotivasi penulis adalah faktor heterogenitas peserta tutur, yaitu bervariasinya latar belakang peserta tutur di SMP Negeri 35 Makassar, khusunya guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi yang meliputi teknik simak bebas libat cakap, yaitu peneliti melakukan pengamatan terhadap situasi di kelas tanpa melibatkan diri dalam percakapan. Sedangkan teknik rekam dimaksudkan peneliti merekam percakapan atau pembicaraan di kelas dengan menggunakan tape recorder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 581 tuturan guru yang diperoleh dan 59% di antaranya dikategorikan santun. Faktor- faktor yang memengaruhi kesantunan bahasa guru adalah faktor jarak sosial antara guru dan siswa, faktor penguasaan aspek kebahasaan, dalam hal ini penguasaan guru tentang kaidah-kaidah kesantunan bahasa, dan faktor kedewasaan guru. Penanda kesantunan yang ditemukan adalah adanya penggunaan kata-kata ‘mohon’, ‘tolong’, ‘ayo’, ‘mari’. Selain itu, guru juga berusaha menyantunkan tuturan dengan menggunakan skala ketidaklangsungan tuturan dan pemberian pilihan dalam bertutur
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA Nurlaelah, Nurlaelah
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.671 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas SMA Negeri 9 Bulukumba dan untuk mengetahui Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba Mattoanging Kabupaten Sinjai dapat meningkat melalui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilalksanakan di SMA Negeri 9 Bulukumba. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba yang berjumlah sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument: 1) Wawancara; 2) Obeservasi/ pengamatan; 3) Dokumentasi; 4) Tes. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari indicator keberhasilan proses dan indikator keberhasilan hasil. Indikator proses adalah penelitian ini dikatakan berhasil jika 70 persen atau lebih, dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan kategori baik (B). Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dalam penelitian tindakan kelas (PTK) terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) yang dilaksanakan dua siklus, maka peneliti memperoleh kesimpulan, bahwa dengan menerapkan pembelajaran koperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa di kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba.
PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 BULUKUMBA Isnayanto, Hasisba
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.184 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peseta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan untuk mengetahui aktivitas pendidik selama proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakkan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri atas serangkaian siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 10 Bulukumba tahun pelajaran 2017/2018 semister genap yang berjumlah sebanyak 35 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi dan test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengolah data hasil observasi guru dan siswa. Adapun teknik data deskriptif kualitatif digunakan untuk menghitung presentase nilai rata – rata. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan pada mata pelajaran Fisika adalah 75. Jadi nilai siswa dapat dikatakan tuntas apabila mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian tindakan dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika standar kompetensi memahami konsumsi dan investasi di kelas X1 SMA Negeri 10 Bulukumba kabupaten Luwu. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan hasil tes belajar peserta didik, dimana dari hasil observasi tersebut terdapat pengembangan baik dari segi kehadiran serta keaktifan dan dari hasil tes peserta didik terdapat peningkatan dimana hasil tes siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 66,00 persen, sedangkan peserta didik yang tuntas pada tes siklus II sebanyak 83,00 persen
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE PADA SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 10 BULUKUMBA Asdar, Muhammad
KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.142 KB) | DOI: 10.52208/klasikal.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penerapan dalam pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 10 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakkan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri atas serangkaian siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 10 Bulukumba tahun pelajaran 2017/2018 semister genap yang berjumlah sebanyak 24 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi dan test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengolah data hasil observasi guru dan siswa. Adapun teknik data deskriptif kualitatif digunakan untuk menghitung presentase nilai rata – rata. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan pada mata pelajaran Fisika adalah 75. Jadi nilai siswa dapat dikatakan tuntas apabila mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 10 Bulukumba mengalami peningkatan setelah diadakan pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have, dengan indikasi sebagai berikut (1) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 10 Bulukumba setelah diberi tindakan pada Siklus I berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 66,70 dari skor ideal 100, (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 10 Bulukumba setelah diberi tindakan pada Siklus II berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 79,12 dari skor ideal 100, (3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kategori sedang pada Siklus I dan Siklus II pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 66,70 menjadi 79,12 sehingga mengalami peningkatan, (4) Persentase kehadiran siswa juga mengalami peningkatan dari 97,5 persen menjadi 98,3 persen pada siklus II, dan (5) Pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have dalam kegiatan belajar mengajar dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih inovatif dan kreatif dalam membuat pertanyaan serta mengemukakan pertanyaan – pertanyaan dan tidak canggung untuk mengemukakan pendapatnya

Page 1 of 20 | Total Record : 195