Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Vol 1 No 1 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA

Nurlaelah, Nurlaelah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas SMA Negeri 9 Bulukumba dan untuk mengetahui Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba Mattoanging Kabupaten Sinjai dapat meningkat melalui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilalksanakan di SMA Negeri 9 Bulukumba. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba yang berjumlah sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument: 1) Wawancara; 2) Obeservasi/ pengamatan; 3) Dokumentasi; 4) Tes. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari indicator keberhasilan proses dan indikator keberhasilan hasil. Indikator proses adalah penelitian ini dikatakan berhasil jika 70 persen atau lebih, dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan kategori baik (B). Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dalam penelitian tindakan kelas (PTK) terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) yang dilaksanakan dua siklus, maka peneliti memperoleh kesimpulan, bahwa dengan menerapkan pembelajaran koperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa di kelas X SMA Negeri 9 Bulukumba.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

klasikal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science [p-ISSN 2656-9914| e-ISSN 2656-8772] publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of education, language teaching and science in primary education, secondary education and higher ...