Latar Belakang: Banyak orang percaya bahwa semakin besar ukuran otak seseorang maka semakin tinggi pula tingkat kecerdasannya. Pertumbuhan otak manusia berjalan seiring dengan pertumbuhan cranium. Prestasi akademik merupakan salah satu parameter yang dapat menjabarkan inteligensi seorang mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara estimasi kapasitas cranium dengan prestasi akademik pada mahasiswa.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan metode total sampling mahasiswa semester 5 angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (n=66). Estimasi kapasitas cranium sebagai variabel bebas dan prestasi akademik sebagai variabel terikat. Analisis bivariat menggunakan korelasi Spearman.Hasil: Nilai mean estimasi kapasitas cranium 1570,40 cc dan nilai mean indeks prestasi akademik 2,80. Hasil korelasi Spearman didapatkan nilai signifikansi (p = 0,031) menunjukkan bahwa penelitian ini menunjukkan hubungan antara estimasi kapasitas cranium dengan prestasi akademik.Kesimpulan: Ada hubungan antara estimasi kapasitas cranium dengan prestasi akademik pada mahasiswa.
Copyrights © 2019