Journal Civics and Social Studies
Vol 3, No 2 (2019): vol 3 nomor 2 tahun 2019

Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Reciprokal Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Nur Rizqi Arifin (Universitas Galuh)
Budi Yasri (Akademi Metrologi dan Instrumentasi Kementerian Perdagangan)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Rendahnya hasil belajar merupakan salah satu masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan model pembelajaran oleh pendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, N-Gain, dan Uji-t. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (Reciprokal Teaching) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Postest) dengan rata-rata nilai pretest sebesar 49,33 dan rata-rata nilai posttest sebesar sebesar 83,33. Dengan nilai N.Gain hasil belajar peserta didik dari pretest ke posttest diperoleh angka sebesar 0,66. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe reciprokal teaching dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest) dengan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe reciprokal teaching pada pengukuran akhir (Posttest) sebesar 83,33. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest) sebesar 62,33 dan hasil uji t menghasilkan  sebesar 9,09 dengan  1,67 dapat disimpulkan bahwa  >  atau 9,09 > 1,67 (Ha diterima). Kata kunci: Model pembelajaran, Kooperatif Learning tipe Reciprokal Teaching, Hasil Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

journalcss

Publisher

Subject

Description

Jurnal Civicos (Civics and Social Studies) memiliki Scope dan Fokusnya antara lain pada bidang : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Pendidikan Politik, Hukum dan Kenegaraan 4. Pendidikan IPS – Social Studies 5. Social Science 6. Humaniora 7. Ilmu Sosial ...