Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia 5 tahun salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan cara pemberian cerita bergambar, karena dengan pemberian cerita bergambar dapat menambah pengetahuan anak, sekaligus mempengaruhi perkembangan bahasa anak, meningkatkan imajinasi sekaligus anak dapat menambah pembendaharaan kata. Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test design. Sampel pada penelitian kuantitatif sebanyak 36 orang yang dibagi menjadi 7 kelompok dalam melakukan intervensi. Analisa hasil penelitian menggunakan uji Marginal Homogeneity. Hasil Penelitian ini menunjukkan hasil sig (0,000) untuk permainan tradisional bentengan yang berarti p value < 0,05 pada taraf signifikan maka Ho di tolak dan Ha diterima. Hasil pada penelitian ini menunjukan ada perbedaan kemampuan berbahasa pada anak usia 5 tahun. Diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dimana pemberian cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5 tahun.
Copyrights © 2018