Jurnal Serunai Matematika
Vol 11, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI MTs AL-AZHAR BULU CINA

LILIS SAPUTRI (STKIP BUDIDAYA BINJAI)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan model pembelajaran numbered head together dan student teams achievement division. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Azhar Bulu Cina. Jenis penelitian dilakukan menggunakan quasi eksperimen, sampel yang digunakan random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dari 3 kelas. Desain penelitian ini adalah two-group (pre-test - post-test). Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen (rata-rata 67,30, simpangan baku 11,05  varians 122) dan kelas kontrol (rata-rata 55,93, simpangan baku 11,9 varians 141), berdasarkan uji-t diperoleh thitung 3,140 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,6698 atau thitung > ttabel. Sehingga diperoleh H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan model pembelajaran numbered head together dan model pembelajaran student teams achievement division.

Copyrights © 2019