cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
-
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
serunaibudidaya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Kec. Binjai Utara 20746
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Matematika
ISSN : 20899459     EISSN : 26209217     DOI : 10.37755
Core Subject : Education,
Jurnal Serunai Matematika adalah jurnal yang berisi karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan matematika.
Articles 66 Documents
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI MTs AL-AZHAR BULU CINA LILIS SAPUTRI
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.129 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i2.183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan model pembelajaran numbered head together dan student teams achievement division. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Azhar Bulu Cina. Jenis penelitian dilakukan menggunakan quasi eksperimen, sampel yang digunakan random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dari 3 kelas. Desain penelitian ini adalah two-group (pre-test - post-test). Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen (rata-rata 67,30, simpangan baku 11,05  varians 122) dan kelas kontrol (rata-rata 55,93, simpangan baku 11,9 varians 141), berdasarkan uji-t diperoleh thitung 3,140 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,6698 atau thitung > ttabel. Sehingga diperoleh H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan model pembelajaran numbered head together dan model pembelajaran student teams achievement division.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HARAPAN PAYA BAKUNG KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 R.Maisaroh Rezyekiyah Siregar
Jurnal Serunai Matematika Vol 10, No 2 (2018): Jurnal Serunai Matematika
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.702 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v10i2.11

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa . Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Harapan Paya Bakung Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diperoleh dengan cara teknik sampel acak yaitu kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang berbentuk uraian sebanyak 3 soal. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data, sedangkan uji Fisher untuk menguji homogenitas data. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kedua populasi berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh bahwa kedua populasi homogen(sama). Hasil validitas uji coba tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dinyatakan valid dengan kriteria validitas tinggi sedangkan hasil uji reliabilitas tes memiliki reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan perhitungan analisis regresi linier sederhana menunjukkan  0,84 dan  0,361 pada taraf signifikan 5% yang berarti    (0,84  0,361), maka  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan model pembelajaran pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswaKata kunci : Model pembelajaran problem based learning (PBL), kemampuan pemecahan masalah matematika ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of cooperative learning model of problem based learning (PBL) of problem solving ability mathematics students. This research was conducted at SMP Swasta Harapan Paya Bakung Kabupaten Deli Serdang Lesson Year 2017/2018. This type of research is a quasi- experimental research with research design Pretest-Posstest Control Group Design. Population in this study as many as 60 students. The sample of this research consists of two classes obtained by random sampling technique that is class VIII-1 as many as 30 students as control class and class VIII-2 as 30 students as experiment class. The instrument used in this researchis the ability to comprehend the concept of mathematical students in the form of a description 0f 3 questions. The prerequisite  test used is the Liliefors test to test normality of the data, while the Fisher test to test the homogeneity of the data. Based on normality test results obtained that the two populations are normally distributed. Whereas homogeneity test results obtained that both populations are homogeneous(same). The validity of the test results of the ability to test the problem solving ability mathematics students are valid with high validity criteria while test reliability test results have high reliability. Data analysis technique used in this research is simple regression analysis. Based on the calculation of simple linier regression analysis showed   0,84 and   0,361 at a  significant level of 5%      (0,84  0,361). Then  rejected and  accepted. So it can be concluded tht the model of problem based learning (PBL) influences.Key words : Model problem based learning (PBL), mathematics problem solving
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN BAKER APPLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Sri Wahyuni
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.595 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i2.175

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk : (1) Mengukur efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan Baker Applet yang dikembangkan, dan (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep persamaan linear satu variabel pada ujicoba I ke ujicoba II dengan menggunakan perangkat pembelajaran pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan Baker Applet yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian yaitu model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Untuk tahap penyebaran dilakukan penyebaran terbatas. Hasil pengembangan diterapkan terbatas pada sekolah mitra saja, yaitu SMP Negeri 3 Binjai. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep persamaan linier satu variabel siswa, lembar pengamatan aktivits siswa dan angket respon siswa. Dari hasil pengembangan ini diperoleh hasil : (1) Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan Baker Applet yang dikembangkan valid dan efektif (2) Kemampuan pemahaman konsep persamaan linier satu variabel siswa yang menggunakan LKS yang dikembangkan berdasarkan hasil uji lapangan yang dilakukan telah tercapai dan meningkat.
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS Mardianan - -
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 1 (2019): Jurnal Serunai Matematika
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.445 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i1.107

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di SMK Negeri 2 Binjai yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan Think Talk Write pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X SMK Negeri 2 Binjai T.P 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dikarenakan kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah, selain itu kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru serta model pembelajaran yang digunakan juga belum bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 12 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas X TKJ-1 sebanyak 25 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan kelas X TKJ-2 sebanyak 25 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 2 soal yang telah divalidkan oleh validator dan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data post-test kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data post-test diperoleh  sedangkan . Karena maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write.
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPET HINK PAIR SHARE (TPS) DAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA Sri Zulhayana
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.982 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i2.184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII SMP Swasta Melati. Pada penelitian ini, desain yang digunakan adalah non equivalent group pre-test post-test design. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas dan uji homogenitas.Normalitas diuji dengan menggunakan titik liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dimana pengumpulan data untuk variabel kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh H_0 ditolak, dan H_a diterima. Dari pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa  pada pokok bahasan SPLDV di kelas VIII SMP Swasta Melati Kec. Hamparan Perak Kab.Deli Serdang tahun ajaran 2018/2019.
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gebang Tahun Ajaran 2018/2019 Sri Wahyuni -
Jurnal Serunai Matematika Vol 10, No 2 (2018): Jurnal Serunai Matematika
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.139 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v10i2.73

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gebang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis Penelitian adalah penelitian quasi eksperimen (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian One group pretest-posttes design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran matematis siswa berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa sampel yang digunakan penulis berditribusi normal.Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran Inkuiri sangat berpengaruh  terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttests hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa yang telah diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri adalah lebih tinggi dari pada nilai rata-rata preteset, sehingga didapatkan bahwa model pembelajaran Inkuiri memiliki pengaruh. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MTS SWASTA YASPEND MUSLIM PEMATANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 R. Maisaroh R. Siregar; Lailan Thawila
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.758 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i2.174

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII  MTs Swasta Yaspend Muslim Pematang Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil MTs Swasta Yaspend Muslim Pematang Tengah tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 120 siswa yang berdistribusi dalam empat kelas.sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas  yaitu kelas VII-2 dan VII-4 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara simple random sampling dan diperoleh kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dan VII-4 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sample penelitian kemudian diberikan pretes dan postes, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes dalam bentuk tes uraian. Dari pengujian hipotesis ternyata r ≠ 0 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Numbered Head Together dengan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII semester ganjil MTs Swasta Yaspend Muslim Pematang Tengah tahun pelajaran 2017/2018 hal ini dibuktikan dari hasil  pengujian hipotesis pada taraf α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 3,012 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan ttabel= 1,671 dengan n = 30 dan taraf signifikan 5%. Karena thitung  > ttabel atau 3,012 > 1,671  maka H0 ditolak dan Ha diterima.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS R. Maisaroh Rezyekiyah Siregar
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 1 (2019): Jurnal Serunai Matematika
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.13 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i1.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design penelitian pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling, dari teknik tersebut diambil 2 kelas yang akan dijadikan sempel, yaitu kelas X-TSM sebagai kelas eksperimen dan kelas X-AP sebagai kelas kontrol. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data dan uji Fisher untuk menguji homogenitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep matematis siswa di kelas X SMK Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK – PAIR – SHARE ( TPS ) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 ice wirevenska
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.365 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i2.173

Abstract

Masalah yang terlihat dalam penelitian ini yaitu 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 4 Binjai masih tergolong rendah; 2) Siswa tidak mampu mengemukakan pendapatnya; dan 3) Model pembelajaran yang digunakan belum sesuai. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini laksanakan SMP Negeri 4 Binjai jalan Bejomuna Kel.Timbang Langkat di Kelas VIII Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental), sampel yang di ambil dalam penelitian ini dengan cara simple random sampling, dengan unit samplingnya adalah kelas VIII1, VIII2, VIII3 danVIII4. Pada penelitian ini, terpilih kelas VIII2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah sampel 60 siswa. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) sedangkan kelompok kontrol akan diberikan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa yang terdiri lima butir soal. Data yang diperoleh terdiri dari nilai kognitif pemahaman konsep matematika. Data awal tersebut berupa nilai tes kemampuan awal yaitu nilai matematika pretest dan nilai tes akhir pada materi aljabar yang dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaandua rata-rata dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan terlihat bahwa rhitung > rtabel (5,00 > 4,13). Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t bahwa thitung > ttabel (6,488 > 1,665) maka hipotesis Ha diterima,  sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MAKE A MATCH DI KELAS X SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI TAHUN AJARAN 2018/2019 Imelda Wardani Rambe
Jurnal Serunai Matematika Vol 10, No 2 (2018): Jurnal Serunai Matematika
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.26 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v10i2.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Dengan Make A Match Di Kelas X SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode eksperimen, sampel diambil secara acak (random sampling) dari 3 kelas diambil sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas Eksperimen A dan kelas X-2 sebagai kelas Eksperimen B. Desain penelitian ini menggunakan A Three Treatment Counter Balanced Design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar matematika siswa berbentuk uraian. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data, sedangkan Uji Fisher untuk menguji homogenitas data. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kedua populasi berdistribusi normal. Dan dari hasil uji homogenitas diperoleh bahwa kedua populasi homogen. Berdasarkan hasil analisis posstest matematika siswa antara kelas Eksperimen A dan kelas Eksperimen B yang lebih meningkatkan hasil belajar siswa adalah kelas Eksperimen A yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered  Head Together (NHT). Hal ini dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima, sehingga dalam penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diberi pembelajaran Numbered  Head Together (NHT) dengan pembelajaran Make A Match.