Jurnal Serunai Matematika
Vol 10, No 2 (2018): Jurnal Serunai Matematika

PENGARUH PENDEKATAN OPENENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMK PUTRA ANDA BINJAI

Lilis Saputri M.Pd (STKIP Budidaya Binjai)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri. Peneliti ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian pretest and post-test control group design. Populasi adalah siswa kelas X SMK Putra Anda Binjai, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Sampel pada kelompok eksperimen berjumlah 23 orang. Data dalam kelompok kontrol berjumlah 23 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi rederhana. Tes yang digunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang dinyatakan validitor dan siswa data valid . dengan data normalitas 8,83 normal, data homogenitas 0,917 Homogen, dan data hipotesis 0,925 normal. Dengan rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif  kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah  67,56 dan 68,41. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-r, setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai  kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen adalah 0,925 sedangkan  0,396, Pengujian hipotesis dalam  uji-r juga dilakukan perhitungan diperoleh nilai  kepercayaan diri siswa kelas eksperimen adalah 0,907 sedangkan  0,396. Maka dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaaan diri pada materi SPLDV dikelas X SMK Putra Anda Binjai.

Copyrights © 2018