Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 2, No 2 (2015): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS IX SMP NEGERI 1 SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

Desi Safriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk  mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar pada materi sistem ekskresi di kelas IX SMP Negeri 1 Samatiga Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.dengan jenis penelitian eksperimen quasi dan Disain kelompok kontrol yang non-ekuivalen. . Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX SMP Negeri 1 Samatiga Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat semester ganjil tahun ajaran .. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX semester ganjil tahun ajaran . sebanyak dua kelas yaitu kelas IX A  sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan Instrumen tes hasil belajar.yang dianalisa data adalah data kuantitatif ini dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan statistik. Hasil penelitian ditemukan terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang diajar menggunakan model discovery learning dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan model discovery learning. (kriteria thitung ≤ ttabel ) dengan demikian ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db 68 sebesar 1,990 ternyata thitung lebih besar dari ttabel (2,901 >1,990) sehingga H0 yang berbunyi tidak ada pengaruh hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang diajar menggunakan model discovery learning dengan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan model discovery learningberhasil ditolak.Kata-kata kunci: Model Discovery Learning, HasilBelajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...