Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 6, No 1 (2019): Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF BIOLOGI PESERTA DIDIK YANG BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM POSING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Yulia Ratna Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kreatif biologi peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif biologi peserta didik yang belajar dengan model Problem Posing, model Problem Based Learning dan model pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 6 Gunung Talang dan sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII B, VIII C, dan VIII D.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis peserta didik dengan model Problem Posing 76,17 , model Problem Based Learning 81,15, dan model pembelajaran biasa 70,38. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan  uji-t dua arah, diperoleh ttabel = 1,960 dengan taraf kepercayaan 95%, ini berarti thitung < - ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif biologi peserta didik yang belajar dengan model Problem Posing  dan model  Problem Based Learning dengan  thitung = 2,04. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...