Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kreatif biologi peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif biologi peserta didik yang belajar dengan model Problem Posing, model Problem Based Learning dan model pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 6 Gunung Talang dan sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII B, VIII C, dan VIII D.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis peserta didik dengan model Problem Posing 76,17 , model Problem Based Learning 81,15, dan model pembelajaran biasa 70,38. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dua arah, diperoleh ttabel = 1,960 dengan taraf kepercayaan 95%, ini berarti thitung < - ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif biologi peserta didik yang belajar dengan model Problem Posing dan model Problem Based Learning dengan thitung = 2,04.
Copyrights © 2019