Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 1, No 1 (2014): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE DAN REVIEW (PQ4R) PADA MATERI PENGARUH MANUSIA DI DALAM EKOSISTEMDI SMP NEGERI 2 PASIE RAYA

IZWAR IZWAR (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas penerapan strategi PQ4R dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada materi pengaruh manusia di dalam ekosistem.Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel yang dgunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pasie Raya yang dibagi kedalam dua kelas masing-masing kelas VII-1 sebanyak 14 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII-2 sebanyak 13 siswa sebagai kelas eksperimen. variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu peningkatan motivasi belajar siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini hasil kuesioner untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa.Data yang didapat, dianalisis dengan uji independent sampel t test melalui SPSS 16.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (P<0,05) rata-rata tingkat motivasi siswa didapatkan bahwa kelas VII-1 sebesar 49.08 dan kelas VII-2 didapatkan 70.55 sehingga secara statistik ada perbedaan rata-rataantara motivasi belajar siswa yang menggunakan strategi PQ4R yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional pada materi pengaruh manusia di dalam ekosistem. Kata kunci: Perbedaan motivasi belajar, strategi PQ4R, Pengaruh manusia dalam ekosistem 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...