Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol 2, No 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN SIMETRI DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Sudarmini, Sudarmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh perangkat pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang valid, praktis dan efektif, serta mendeskripsikan keefektifan pembelajaran setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada materi kesebangunan dan simetri di  kelas V Sekolah Dasar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan instrumen penilaian yaitu tes hasil belajar, lembar penilaian afektif, dan lembar penilaian psikomotor. Pengembangan perangkat pembelajaran mengikuti prosedur pengembangan Plomp yang meliputi lima tahap, yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Tempat penelitian di SD Al Fatah Wiyung Surabaya, dengan objek penelitian adalah siswa kelas VB yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas ujicoba lapangan, dan siswa kelas VA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas implementasi. Desain ujicoba menggunakan one group pretest posttest design dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan lembar angket respon siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi , tes, metode dokumentasi, dan angket respon siswa.Kualitas hasil  pengembangan perangkat pembelajaran ditandai dengan: 1). Kevalidan perangkat pembelajaran adalah valid dengan rentang rata-rata total validitas 3,4 ? RTV ? 3,7 koefisien validitas butir tes soal ? 0,4 mencapai kriteria cukup, reliabilitas tes adalah ? = 0,73 dan berderajat sedang. 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran yang ditunjukkan melalui hasil kemampuan guru mengelola pembelajaran diperoleh skor rerata 3,6 berkriteria baik. 3) Keefektifan perangkat pembelajaran meliputi: a) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 78,9% rata-rata kelas adalah 3,28/B+. b) Hasil belajar siswa pada ranah afektif mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 89,5% dan berpredikat akhir baik. c) Hasil belajar siswa pada ranah psikomotor mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 94,7% dan capaian optimum kelas adalah 3,61/A-. d) Waktu aktivitas siswa dalam pembelajaran sesuai dengan kriteria batas yang ditetapkan dengan toleransi 10%. e) Angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencapai persentase 83,5%.Hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran pada kelas implementasi ditunjukkan melalui: 1) Skor rerata kemampuan guru mengelola pembelajaran selama 3 kali pertemuan adalah 3,63 dan berpenilaian umum sangat baik. 2) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 76,0% rata-rata kelas adalah 2,95/B. 3) Hasil belajar siswa pada ranah afektif mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 100% dan berpredikat akhir baik. 4) Hasil belajar siswa pada ranah psikomotor mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 96,0% dan capaian optimum kelas adalah 3,45/B+. 5) Waktu aktivitas siswa dalam pembelajaran sesuai dengan kriteria batas yang ditetapkan dengan toleransi 10%. 6) Angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencapai persentase 84,0%.Berdasarkan hasil uji coba lapangan dan implementasi maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok ini memenuhi kriteria kualitas perangkat yang layak digunakan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Selain itu dengan uji keefektifan pembelajaran, hasil perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baikKata Kunci: perangkat pembelajaran, model pembelajaran kooperatif, investigasi kelompok,  kesebangunan, simetri.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...