Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol 2, No 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016

PENGEMBANGAN PROTOTIPE BUKU GURU DAN BUKU SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA

Lailiyah, Siti Robiatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan menghasilkan prototipe buku guru dan buku siswa valid, praktis dan efektif dengan scientific approach menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D Model) yang dikembangkan menjadi 3D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Prototipe buku guru dan buku siswa ini diujicobakan di kelas IV SD Al Fatah, Surabaya pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan One Group Pretest- Posttest Design.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rata-rata hasil validasi prototipe buku guru 3,59; buku siswa 3,53; LKS 3,37; tes penilaian sikap 3,57 berkategori ?valid?. Penilaian kognitif produk dan proses berdasarkan validitas isi dan bahasa rata-rata 4 berkategori ?valid? dan penulisan soal 4,23 berarti soal dapat dipahami maksudnya. Penilaian berpikir kritis dan kreatif rata-rata 4,1 dan 3,4 berkategori ?valid?. Rata-rata 3,9 dan 3,6 berarti dapat dipahami maksudnya. Penilaian psikomotor rata-rata 3,5 berkategori ?valid? dan 3,6 berarti dapat dipahami maksudnya, 2) Keterlaksanaan RPP uji coba 1, yaitu pertemuan 1 adalah 3,40; pertemuan 2 adalah 3,42 dan pertemuan 3 adalah 3,53 berkategori ?praktis?. Uji coba 2, pertemuan 1 adalah 3,39; pertemuan 2 adalah 3,69 dan pertemuan 3 adalah 3,97 berkategori ?praktis?. Rata-rata keterbacaan buku siswa dan LKS meningkat. 3) Keefektifan prototipe buku guru dan buku siswa ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa meliputi hasil belajar kognitif produk, kognitif proses, berpikir kritis, kreatif dan psikomotor diukur dengan N-Gain, respon siswa, aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran bernilai ?positif?. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prototipe buku guru dan buku siswa yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Kata Kunci: Prototipe Buku Guru dan Buku Siswa, Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...