Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol 1, No 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MASALAH SOSIAL SISWA KELAS IV SDN PANDU CERME GRESIK

Sutikno, Sutikno (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2015

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi masalah sosial siswa kelas IV SD Negeri Pandu Cerme Gresik. Penelitian ini didasarkan pada minimnya peran siswa dalam proses pembelajaran, sehingga hal ini mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa belum maksimal. Tindakan yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning  yang menekankan pada pentingnya pemahaman terhadap konsep melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam tiga siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pandu, Cerme Gresik. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui observasi aktivitas, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa hal ini terbukti hasil penelitian yang diperoleh pada setiap siklus pembelajaran. Pada siklus I aktivitas siswa mencapai 72,53% hasil belajar siswa 61,76%, pada siklus II aktivitas siswa mencapai  85,29% hasil belajar 82,35% dan pada siklus III aktivitas siswa mencapai 91,18%, hasil belajar siswa 97,06%. Kata Kunci: Problem Based learning, Masalah Sosial, dan Hasil Belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...