AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN kalirungkut IV Surabaya. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi yang terdapat dalam Tema Lingkunganku Sahabatku Sub Tema manusia dan Lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yang didahului dengan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Postes Desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; 2) lembar pengamatan aktivitas siswa; 3) instrumen tes penguasaan konsep; dan 4) instrumen tes berpikir kreatif. Adapun teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan yang dialami peneliti menggunakan analisis N-Gain Skor. Berdasarkan hasil analisis N-gain Skore diperoleh skor N-gain untuk penguasaan konsep siswa tentang materi yang diajarkan adalah 0,67 dengan kategori sedang. Sedangkan dari hasil analisis N-gain skor untuk keterampilan berpikir kreatif yaitu aspek kelancaran 0.59, aspek keluwesan 0.58, aspek keaslian 0.59, dan aspek elaborasi 0.58. kategori dari keseluruhan adalah pada level sedang. Kata Kunci: prototipe buku siswa, prototipe buku guru, keterampilan proses sains
Copyrights © 2017