Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KEDUNGREJO WONOGIRI

Sulistyono, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2016

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   meningkatkan   hasil   belajar   subtema hebatnya cita-citaku pada siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan media audio visual. perangkat pembelajaran yang digunakan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media audio visual, lembar kerja siswa (LKS), lembar tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Variable yang diamati selama pelaksanaan  penerapan  model  quantum  teaching  dengan  media  audio  visual adalah aktivitas guru dalam pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sedangkan hasil belajar siswa dilakukan melalui tes tertulis.Desain penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian berlangsung selama tiga siklus. Data didapatkan melalui observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengobservasi kegiatan yang dilakukan guru dan siswa selama pembelajaran sedangkan tes dilakukan untuk mengukur tes hasil belajar siswa.Hasil   penelitian   menunjukkan   aktivitas   guru   sangat   baik   dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 81,00 dengan kategori ?sangat baik? dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 95%. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model quantum teaching dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar subtema hebatnya cita-citaku pada siswa kelas   IV SDN 1 Kedungrejo Wonogiri semester II tahun pelajaran 2014/2015

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...