Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial
Vol. 2, No. 1, April 2019

PELATIHAN PTK BAGI GURU IPS SMP/MTS MALANG RAYA

Agung Wiradimadja (Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang)
Bayu Kurniawan (Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang)
Sukamto Sukamto (Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Di sekolah pastinya selalu ada permasalahan dalam belajar di kelas, baik masalah kesulitan belajar ataupun sikap perserta didik yang tidak sesuai norma dan nilai sosial. Guru yang profesional adalah guru yang dapat memanajemen permasalahan tersebut dengan cara memperbaikinya. Perbaikan masalah dalam pembelajaran di kelas, dapat ditempuh oleh guru melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Belum banyaknya guru IPS di SMP/MTs Malang Raya yang bisa melakukan PTK. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan guru IPS akan cara perencanaan, pelaksanaan dan penulisan laporan PTK. Maka dari itu, dilakukan  pelatihan PTK bagi guru IPS SMP/MTs Malang Raya sebagai program pengabdian kepada masyarakat. Metode pelaksanaan yakni dengan cara mengunndang langsung para grur IPS Malang Raya melalui Komunitas MGMP IPS. Hasilnya, pertama kegiatan pelatihan PTK dapat terealisasikan dengan baik oleh tim. Kedua, agar guru dapat memanfaatkan laporan hasil penelitian tindakan kelas untuk digunakan sebagai kenaikan pangkat, tim pengabdian kepada masyarakat memberikan juga materi tentang cara dan teknik menulis artikel ilmiah dari laporan PTK.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is a journal focused on articles of research and community service in the field of social science (Ideology, Citizenship, Human Geography, History, Social Studies, Sociology, Politics, Education and Humaniora). ...