Jantra
Vol 12 No 2 (2017): Peran Tokoh Masyarakat dalam Pembangunan Karakter

K. H. IMAM ZARKASYI

Saifuddin Alif Nurdianto (Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

K. H. Imam Zarkasyi adalah salah seorang pelopor modernisasi pendidikan pesantren di Indonesia. K.H. Imam Zarkasyi mengenalkan sistem Kulliyyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang merupakan adopsi dari pemikiran-pemikiran tokoh Islam semisal Mahmud Yunus dan K. H. Ahmad Dahlan, dan integrasi sistem-sistem pendidikan yang dilaksanakan di berbagai macam perguruan tinggi tingkat aunia seperti Al-Azhar, Syanggit, Aligarh, dan Santiniketan. Modernisasi pesantren ala K.H. Imam Zarkasyi ini merupakan bantahan dari persepsi masyarakat bahwa pesantren identik dengan tempat yang kumuh dan kolot, sekaligus upaya untuk mendidik karakter masyarakat agar berpikir jauh ke depan. Penelitian historis dengan pendekatan psikologi agama dan hermeneutik digunakan untuk mengkaji modernisasi pesantren yang dilakukan K.H. Imam Zarkasyi di Pondok Modern Darussalam Gontor, di tengah kondisi pesantren yang dipandang terbelakang pada masa tersebut.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jantra

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Sejarah: Meliputi kajian sejarah yang bertema nasionalisme dan pengembangan karakter bangsa melalui bidang sosial, ekonomi, politik, budaya dengan ruang lingkup utama wilayah Indonesia, dan wilayah lain apabila ada keterkaitan dengan Indonesia, yang bisa dijadikan media diseminasi dalam menanamkan ...