Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Peningkatan Kemampuan Baca pada Siswa Kelas 2 SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong melalui Media Kartu Huruf

Yulita Kambu (PGSD STKIP Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prosespembelajaran kemampuan membaca lancar pada siswa kelas 2Kelas 2 SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong Distrik Sorong Timur tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini didesain dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus mencakup tahapan diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian seluruh siswa kelas 2 yakni 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan adalah model analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebagai berikut: 1). Melalui penggunaaan media kartu huruf dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa yang dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada prosentase siswa yang tuntas yakni pratindakan sebesar 56% siklus pertama pertemuan 1 sebesar 70% naik pada siklus pertama pertemuan 2 sebesar 88%, siklus kedua pertemuan 1 sebesar 100% dan siklus ke dua pertemuan 2 sebesar 100%. 2). Melalui penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keaktifan dan kekreatifan siswa pada scat pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam pembelajaran membaca.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Papeda: Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Dasar. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang ...