cover
Contact Name
Asrul
Contact Email
asrulidrus18@gmail.com
Phone
+6285343704372
Journal Mail Official
jurnalpapeda20@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH Ahmad Dahlan No. 1, Mariat Pantai, Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
ISSN : -     EISSN : 27155110     DOI : 10.36232
Core Subject : Education,
Jurnal Papeda: Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Dasar. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan dasar yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 123 Documents
Pengaruh Metode Open Ended dan STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Prestasi Belajar Alman Alman; Almuhaimin Sarnav Ituga; Ahmad Yulianto; Asrul Asrul
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.024 KB) | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v1i1.308

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan factorial design. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fakta-fakta akibat dari perbedaan pengaruh metode Open ended dengan metode STAD terhadap pemecahan masalah matematika peserta didik ditinjau dari prestasi belajar. Dimana prestasi belajar digolongkan menjadi dua tingkat yaitu prestasi tinggi dan rendah.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Serayu.Data di analisis dengan uji univariat ANAVA. Hasil penelitian adalah (1). Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajarkan dengan metodeopen ended dan metode STAD. (2). Nilai-rata-rata posttest prestasi open ended tertinggi peserta didik adalah 95,71 dan nilai rata-rata rendah 63,92. Nilai rata-rata total prestasi open ended adalah 81,04. Sedangkan nilai rata-rata postest prestasi STAD tertinggi peserta didik adalah 95,50 dan nilai rata-rata posttest prestasi STAD rendah 70,00. Nilai rata-rata total posttest prestasi peserta didik adalah 89,13. (3). Tidak ada interaksi antara metode open ended dan metode STAD .
Pengaruh Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS terhadap Keterampilan Sosial Siswa SD Negeri 3 Kabupaten Sorong Hilda Wulandari
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.007 KB) | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v1i1.309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS terhadap keterampilan sosial siswa kelas V di SD Negeri 3 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji analisis data yang digunakan analisis uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji reliabilitas angket pendidikan karakter diperoleh hasil Cronbach's Alpha sebesar 0,703 da n uji reliabilitas angket keterampilan sosial diperoleh hasil Cronbach's Alpha sebesar 0,698. Dari analisis data diperoleh uji normalitas kolmogrov smirnov pendidikan karakter Asymp. Sig (2-tailed) 0,071 > 0,05 dan keterampilan sosial Asymp. Sig (2-tailed) 0,198 > 0,05 maka diperoleh data normal. Hasil analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara pendidikan karakter terhadap keterampilan sosial siswa menunjukkan pengaruh dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 68,6%. Artinya bahwa variabel keterampilan sosial Y dipengaruhi sebesar 68,6% oleh pendidikan karakter X sedangkan sisanya 31,4% dipengaruhi faktor-faktor yang lain. Dan diperoleh Ftabel sebesar 4,20 pada taraf 5%. H0 ditolak apabila Fhitung> Ftabel. Karena Fhitung = dan lebih besar dari Ftabel 4,20 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter terhadap keterampilan sosial siswa.
Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Remu Kota Sorong Indah Iriani R; Ahmad Yulianto
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.534 KB) | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v1i1.310

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah I Remu Sorong. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel ( variabel X kecerdasan emosional terhadap variabel Y kemampuan pemecahan masalah). Pupolasi dalam peneltian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah I Remu Sorong yang berjumlah 115 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 39 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes sebagai alat untuk mengumpulkan data.Untuk mengolah data menggunakan sistem komputerisasi SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah I Remu Sorong, yaitu sebesar 0,792 atau berkontribusi sebesar 79,20 %.
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Tumbuhan dengan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Juniati Heremba
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.331 KB) | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v1i1.311

Abstract

Penilitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam menggunakan alat peraga tumbuhan dengan metode demonstrasi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kauari Kota Sorong. Fokus pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kauari Kota Sorong dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 peserta didik yang berjumlah laki-laki 18 anak dan perempuan 17 anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penerapan metode demonstrasi Instrumen pengumpulan data yang digunakan penelitih adalah observasi pengumpulan hasil belajar di kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kasuari Kota Sorong. dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam menggunakan alat peraga tumbuhan dengan metode demonstrasi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kauari Kota Sorong. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar pada peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Tanjung Kasuari Kota Sorong adalah 53,00 %, standar deviasinya yaitu 12,05%, median atau nilai tengah adalah 40,00%, variance 89,00%, minimum 20,00%, dan maksimum 72,00%, serta jumlah keseluruhan semuanya adalah 286,5%.
Peningkatan Kemampuan Baca pada Siswa Kelas 2 SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong melalui Media Kartu Huruf Yulita Kambu
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.097 KB) | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v1i1.312

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prosespembelajaran kemampuan membaca lancar pada siswa kelas 2Kelas 2 SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong Distrik Sorong Timur tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini didesain dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus mencakup tahapan diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian seluruh siswa kelas 2 yakni 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan adalah model analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebagai berikut: 1). Melalui penggunaaan media kartu huruf dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa yang dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada prosentase siswa yang tuntas yakni pratindakan sebesar 56% siklus pertama pertemuan 1 sebesar 70% naik pada siklus pertama pertemuan 2 sebesar 88%, siklus kedua pertemuan 1 sebesar 100% dan siklus ke dua pertemuan 2 sebesar 100%. 2). Melalui penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keaktifan dan kekreatifan siswa pada scat pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam pembelajaran membaca.
Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Kelas IV DI SD INPRES 102 MALANU Kota Sorong Mursalim Mursalim; Jusmin Jusmin; Nur Wulandari
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.396

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua 2). untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap kemampuan bersosialisasi pada siswa 3). untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan dalam bersosialisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian terdiri dari 1 orang guru kelas IV, 1 orang kepala sekolah, 2 orang siswa kelas IV, dan 2 orang tua di SD Inpres 102 Malanu Kota Sorong. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). bentuk pola asuh yang diberikan oleh orang tua cenderung menggunakan pola asuh permisif. 2). pola asuh orang tua berdampak terhadap kemampuan bersosialisasi pada siswa. 3). guru sudah berupaya dengan baik dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan dalam bersosialisasi.
Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong Wiyani Windrawati; Solehun Solehun; Harun Gafur
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil kesulitan membaca permulaan dan faktor yang menghambat pembaca permulaan pada siswa kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas I/A yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Instrumennya lembar observasi siswa, pedoman wawancara guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan tes membaca permulaan pada siswa kelas I dari 29 siswa 11 anak yang mengalami kesulitan membaca permulaan dan 18 anak memiliki kemampuan membaca permulaan yang cukup baik. Faktor yang menghambat pembaca permulaan siswa di kelas I yaitu faktor anak yang belum mengenal huruf (daya ingat yang lemah) dan kurangnya bimbingan orang tua di rumah. Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu, guru kelas lebih memprioritaskan, memberikan pelatihan khusus anak-anak yang mengalami kesulitan, hubungan kerja sama yang baik antara guru dan orang tua siswa selalu memantau anak dalam belajar membaca, minat siswa harus dikembangkan dan dilatih terus menerus.
Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V dalam Meyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender di SD IT Mutiara Insan Sorong Lisa Dewi Ramadany
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.406

Abstract

Miskonsepsi terjadi ketika seseorang meyakini benar konsep yang salah. Miskonsepsi dalam kata lain merupakan perbedaan konsepsi seseorang tentang suatu materi yang berbeda dengan konsepsi para ahli di bidangnya. Struktur kognitif yang ada pada diri siswa tidak sesuai dengan konsepsi yang dikemukakan para ahli di bidangnya juga dapat dikategorikan sebagai miskonsepsi, sehingga antara miskonsepsi dengan gaya kognitif siswa saling berkaitan. Setiap siswa memiliki gaya kognitif yang berbeda termasuk gender. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menggambarkan miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan permasalahan bangun ruang berdasarkan gender serta faktor penyebab miskonsepsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kulitatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V SD IT Mutiara Insan Sorong tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 6 orang. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yang dipilih berdasarkan tes diagnostik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik dan wawancara untuk mengetahui penyebab miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki tidak teridentifikasi miskonsepsi, sedangkan siswa perempuan teridentifikasi sebanyak 3 orang. Siswa mengalami miskonsepsi bukan pada materi bangun ruang, akan tetapi pada proses perhitungan perkalian dan pembagian. Penyebab miskonsepsi yang dialami oleh siswa adalah prakonsepsi, pemikiran asosiatif siswa sendiri, pengalaman belajar, dan kurangnya penekanan pada materi yang dibutuhkan siswa.
Pengaruh Guided Inquiry Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Inpres 103 HBM Kota Sorong Cindi Nuryanti Aynufa; Alman Alman; Heny Sri Astutik
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan guided inquiry learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi operasi pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra eksperimen dengan desain penelitian One Shot Case Study Design. Data menunjukkan rata-rata skor observasi guru (peneliti) dan siswa sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis ketuntasan belajar pada nilai rata – rata posttest 76,78. uji normalitas hasil belajar posttest memiliki taraf signifikansi 0,121 > 0,05 . Uji -t test one sample t test hasil posttest berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh thitung sebesar 8.953 dengan dk = n – 1 (28-1=27) dipe roleh ttabel sebesar 1.915. Berdasarkan hasil analisis data yaitu nilai thitung > ttabel (8.953 >1.703), dengan besarnya taraf signifikansi 0.05, yakni (0.000 < 0.05) maka Hipotesis diterima , Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh guided inquiry learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi operasi pecahan di kelas III SD Inpres 103 HBM Kota Sorong
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong Asrul Asrul; Abdul Rachman Tiro; Heryani Risakotta
Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.408

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong, Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra eksperimen dengan desain penelitian One Grup Pretest Postes. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah Pretest dan Postes, Dokumentasi serta lembar tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda.. Hasil analisis ketuntasan belajar pada nilai rata-rata pretes 47,6 posttest 75,5 hasil uji reliabilitas diperoleh Kuder dan Richardson (K-R 20) untuk instrument test sebesar 0,723 yang berarti memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Uji normalitas hasil belajar Pretest siswa memiliki taraf signifikansi 0,119 > 0,050, posttest siswa memiliki taraf signifikansi 067 > 0,05. Uji hipotesis diperoleh t hitung sebesar 4.008 dengan dk = n – 1 (29-1=28) diperoleh t tabel sebesar 1.701. Berdasarkan hasil analisi data nilai yaitu t hitung > t tabel (4.008 > 1.701), dengan besarnya taraf signifikansi 0,05, yakni (0,000 < 0,05) maka Hipotesis diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Positif Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong.

Page 1 of 13 | Total Record : 123