Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. PRIORITAS RENGAT

Apriansyah, Roky (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Prioritas Cabang Rengat Jl.Sultan Kecamatan Rengat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Prioritas Rengat. Perumusan masalah yang akan diteliti adalah apakah ada pengaruh secara simultan ataupun parsial antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Prioritas Rengat.   Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan tentang kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan pada PT.Prioritas Rengat. Dengan menghitung Persamaan regresi berganda, koefisien korelasi, uji hipotesis baik secara simultan, maupun parsial, dengan bantuan Program SPSS 21.   Dari hasil penelitian dimana konstanta (a) adalah 1,89. dan koefisien X1 (b1) adalah 0,395 dan koefisien X2 (b2) adalah 0,176. Persamaan regresi berganda adalah Y = 1,89 +0,395 X1 +0,176 X2. Artinya: a= jika kualitas pelayanan dan promosi sama dengan Nol (0) maka besarnya nilai volume penjualan sama dengan 1,89. b1= jika terjadi peningkatan 1 satuan pada kualitas pelayanan maka akan terjadi peningkatan pada volume penjualan sebesar 0,395. dan b2 = jika terjadi peningkatan 1 satuan pada promosi maka akan terjadi peningkatan pada volume penjualan sebesar 0,176. Koefisien Korelasi diketahui bahwa (X1) kualitas pelayanan dan (X2) promosi mempunyai hubungan positif dengan (Y) volume penjualan. Hal ini dapat dilihat dari nilai keofisien korelasi berganda R adalah 0,420. dan selanjutnya diuji dengan Keofisien determinasi berganda (R2) adalah 0,176. hal ini menunjukkan bahwa (X1) kualitas pelayanan dan (X2) promosi sudah bersama ? sama adanya hubungan variasi terhadap (Y) volume penjualan sebesar 17,6 %. Dan sisanya 82,4 % di pengaruhi oleh variabel selain (X1) dan (X2).Uji hipotesis pada taraf signifikan a = 5 % dimana F hitung (5,233) > F tabel (3,18) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan nilai signifikan terlihat pada kolom sig yaitu 0,009 berarti probabilitas 0,009 lebih kecil dari pada 0,05.artinya memiliki pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmbi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel tentang manajemen dan bisnis. Jurnal Manajemen dan Bisnis menerima manuskrip dalam berbagai topik yakni : Manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen pembangunan daerah, manajemen ...