Jurnal Inovasi dan Pelayanan Publik Makassar
Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Inovasi dan Pelayanan Publik Makassar

KINERJA PELAYANAN BANK SAMPAH KOTA MAKASSAR

Andi Fatmawati (Universitas Muhammadiyah Makassar.)
Muh. Arief Muhsin (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Taufik (Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Makassar. Melalui Kegiatan Bank sampah diharapkan partisipasi aktif dari warga masyarakat yang berimplikasi pada tereduksinya sampah yang sampai ke TPA. Bank sampah merupakan sistem pengelolaan sampah non organik yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Makassar sejak tahun 2015 dengan membentuk UPTD Daur Ulang Sampah atau Bank Sampah Pusat (BSP) Kota Makassar. BSP berperan melakukan pendampingan dan fasilitasi terhadap pembentukan dan pengelolaan Bank Sampah Unit (BSU) yang menjadi mitra kerjanya. Saat ini telah terbentuk sekitar 800 BSU yang tersebar di 14 kecamatan di Kota Makassar, namun yang aktif hanya sekitar 200 BSU. Padahal kalau semua BSU ini aktif, maka jumlah sampah yang bisa direduksi akan semakin besar karena terjadinya peningkatan pemanfaatan sampah dengan adanya pengolahan sampah melalui konsep 3R (reduce, reuse, dan recycle). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja pelayanan BSP Kota Makassar dilihat dari indikator produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, sumber data/informan dalam penelitian ini diambil dari unsur pimpinan/pejabat berkompeten pada UPTD Bank Sampah Pusat Kota Makassar, pengelola Bank Sampah Unit (BSU) yang ada di Kota Makassar serta masyarakat sekitar keberadaan BSU. Analisis data bersifat kualitatif, dengan menggunakan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermann. Hasil penelitian tentang kinerja pelayanan bank sampah pusat Kota Makassar, di mana indikator keberhasilan atas kinerja dari pelayanan Bank Sampah Pusat adalah bergantung pada kinerja Bank Sampah Unit, maka penelitian menunjukkan bahwa kinerja UPT Bank sampah pusat masih rendah jika dibandingkan dengan jumlah sampah yang seharusnya tereduksi. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya peran serta masyarakat pengelola Bank Sampah unit dan kurang tersosialisasinya eksistensi keberadaan bank sampah unit pada masyarakat. Rekomendasi dari penelitian ini adalah Bank Sampah Pusat Kota Makassar perlu fokus pada aspek pendampngan terhadap pengelolaan Bank Sampah Unit dengan menerapkan Model Bank Sampah Unit Berbasis Kawasan. Hal ini sesuai dengan amanah regulasi UU No. 18 tahun 2008 dan Kepmen LH No. 13 Tahun tahun 2012.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasi-dan-pelayanan-publik

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Environmental Science

Description

JIPPM: Jurnal Inovasi dan Pelayanan Publik Makassar adalah jurnal ilmiah regular yang dipublikasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar. Jurnal ini disediakan sebagai infrastruktur publikasi artikel yang berfokus kepada hasil inovasi, penelitian dan pengembangan tentang isu-isu ...