Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA STATISTIKA

Irwan Irwan (STKIP Budidaya Binjai)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan materi statistika.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs.Negeri Stabat, sedangkan yang menjadi sampel terdiri dari 2 kelas,yaitu kelas berjumlah 40 orang yang menggunakan pembelajaran TSTS dan kelas  berjumlah 40 orang yang menggunakan pembelajaran tanpa TSTS.            Instrumen dalam penelitian in berjumlah 10 soal dan digunakan tes untuk menguji kelayakan soal.Sebelum pengujian hipotesis,terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari pengujian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh  thitung  = 4,38 sedangkan ttabel  = 1,67 ternyata thitung  >  ttabel  maka Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pembelajaran tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.Kata Kunci: TSTS, Kemampuan Pemecahan Masalah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...