Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 1, No 1 (2018)

Interaksi Sosial Antara Guru dan Anak dalam Pengembangan Berbicara Anak Usia Dini

Ari Sofia (Prodi PG-PAUD Jurusan IP FKIP Universitas Lampung)
Gian Fitria Anggraini (Prodi PG-PAUD Jurusan IP FKIP Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2018

Abstract

Abstract: Social interaction is a basic foundation for children to learn to recognize the environment. So even in language and speech development, children need a proper role model for mastering and developing their potential. Often the teacher does not attempt to carry out excavations on the potential child's speech, so that the difficulties faced only considered as a weakness and close the existing potential. Through-correlational quantitative methods, this study aimed to examine the relationship and the contribution of social interaction between teachers and children in oral language development. The results showed that the interactions made by the teacher on child deeply, have a significant relationship to the children speak ability. Although the contribution has not been adequate, but it indicates the need for an effort to increase the quality and quantity of deep social interaction between teachers and early year childrens. Keywords: Social interaction; teacher; speak ability; literacy; early year childrens Abstrak: Interaksi sosial merupakan pondasi awal bagi anak untuk belajar mengenal lingkungan di sekitarnya. Begitu pun dalam perkembangan bahasa maupun bicara, anak membutuhkan role model yang tepat untuk menguasai dan mengembangkan kemampuannya. Sering kali guru tidak berupaya untuk melakukan penggalian terhadap potensi bicara anak, sehingga kesulitan yang dihadapi hanya dianggap sebagai kelemahan dan menutup potensi yang ada. Melalui metode kuantitatif-korelasional, penelitian ini berupaya untuk mengkaji hubungan serta kontribusi dari interaksi sosial antara guru dan anak dalam pengembangan kemampuan bahasa (oral language) usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang dilakukan oleh guru pada anak secara mendalam, memiliki hubungan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Meskipun memiliki kontribusi yang belum cukup memadai, namun hal ini menandakan perlunya suatu upaya untuk meningkatan kualitas serta kuantitas interaksi yang dilakukan guru pada anak usia dini. Kata kunci: interaksi social; guru; kemampuan berbicara; literasi; anak usia dini

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini content research article and/or critical-analytical study in early childhood education field. The purpose of this journal are to explore, to develop, and to explain knowledge about child education, development of children, problems and ...