MDJ (Makassar Dental Journal)
Vol. 7 No. 1 (2018): Vol 7 No 1 April 2018

Efektivitas antibakteri ekstrak biji alpukat (Persea americana Mill.) terhadap Streptococcus mutans (Antibacterial effectiveness of avocado seed (Persea americana Mill.) extract on Streptococcus mutans)

Bahruddin Thalib (Unknown)
Citra Lestari Nahar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2018

Abstract

Bahan pembersih gigi tiruan terbukti efektif mengurangi plak dan organisme mikro pada gigi tiruan. Akan tetapi penggunaan pembersih gigi tiruan dari bahan kimia selain mahal juga dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada basis gigi tiruan karena pembersih gigi tiruan dapat menyebabkan hilangnya komponen larut dan peliat, atau penyerapan air oleh bahan basis. Berdasarkan hal tersebut penggunaan bahan alami, yaitu biji alpukat, menjadi pembersih alternatif. Pada penelitian eksperimen laboratorium ini menggunakan uji eksperimen dengan teknik disc diffusion. Bahan yang digunakan adalah varietas hijau panjang atau alpukat mentega yang diperoleh di perkebunan Malino, Sulawesi Selatan. Daya hambat diketahui berdasarkan pengukuran diameter zona inhibisi yang terbentuk di sekitar paper disc, dengan menggunakan jangka sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji daya hambat ekstrak biji alpukat sangat signifikan, yaitu konsentrasi 2% dengan rata-rata 11,51 mm, konsentrasi 4% dengan rata-rata 12,39 mm, konsentrasi 6% dengan rata-rata 13,61 mm, konsentrasi 8% dengan rata-rata 13,53 mm, dan konsentrasi 10% dengan rata-rata daya hambat mencapai 15,02 mm. Luas zona tersebut melewati zona yang dihasilkan oleh Ampicillin sebagai kontrol positif, yaitu 14,22 mm. Disimpulkan bahwa biji alpukat memiliki aktivitas antibakteri yang cukup tinggi sehingga berpotensi sebagai antibakteri terhadap Streptococcus mutans.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MDJ

Publisher

Subject

Dentistry

Description

The journal receives a manuscript from the following area below Dentistry science and development with interdisciplinary and multidisciplinary approach: Dental Public Health and Epidemiology Oral and Maxillofacial Surgery Dental Conservation and Endodontics Preventive Dentistry Biomedical Dentistry ...