MDJ (Makassar Dental Journal)
Vol. 6 No. 3 (2017): Vol 6 No 3 Desember 2017

Periodontal estetik: perawatan depigmentasi gingiva dengan kombinasi alat kauter dan pisau bedah (laporan kasus) Esthetic periodontal: treatment of gingival depigmentation with combine tools cauter and scalpel (case report)

Harryanto Sutandy (Unknown)
Sri Oktawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2018

Abstract

Pendahuluan: Pigmentasi oral adalah perubahan warna mukosa mulut atau gingiva terkait dengan beberapa faktor eksogen dan endogen. Lesi berpigmen mulut dapat memiliki berbagai etiologi, termasuk obat-obatan, logam berat, genetika, gangguan endokrin, dan peradangan, merokok juga dapat merangsang produksi melanin dan menyebabkan pigmentasi. Warna melanin pigmentasi oral dapat bervariasi dari ringan sampai coklat tua atau hitam, tergantung pada jumlah dan distribusi melanin dalam jaringan.Pigmentasi oral lebih diakibatkan oleh aktivitas melanositdaripada jumlah melanosit di jaringan.Pigmentasi gingiva paling banyak ditemukan pada regio anterior dan daerah labial gingiva, baik pada laki-laki maupun perempuan. Meskipun pigmentasi melanin bukan masalah medis, pasien sering mengeluh tentang warna gingiva yang hitam mengganggu penampilan. Pada laporan kasus kali ini akan memaparkan teknik ablasi gingiva menggunakan kombinasi teknik kauter dan pisau bedah. Tujuan: memaparkan teknik ablasi gingiva menggunakan kombinasi alat kauter dan pisau bedah. Kasus: Pasien wanita 24 tahun, mengeluh tentang warna gingiva yang gelap pada rahang atas. Pasien tidak memiliki kebiasaan buruk seperti merokok. Pasien dianatesi lokal (inibsa). Dengan menggunakan kauter jaringan berpigmentasi dibuang, kemudian dihaluskan menggunakan blade no.15 dengan metode slicing. Pembuangan jaringan epitel dilakukan dari mucogingival junction menuju ke puncak interdental papila. Perlu diperhatikan tidak mengambil jaringan terlalu dalam tetapi seluas mungkin sampai keseluruhan pigmentasi hilang. Disisakan selapis tipis pada daerah attached gingiva. Kemudian daerah operasi diberi periodontal pek, pasien diresepkan analgetik. Hasil: Kontrol 1 minggu dilakukan pembukaan pek dan debridemen, gingiva masih kemerahan, setelah 2 minggu warna gingiva normal, pasien sangat puas, dan kontrol setelah 4 minggu gingiva telah mengalami penyembuhan dan tidak terjadi repigmentasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MDJ

Publisher

Subject

Dentistry

Description

The journal receives a manuscript from the following area below Dentistry science and development with interdisciplinary and multidisciplinary approach: Dental Public Health and Epidemiology Oral and Maxillofacial Surgery Dental Conservation and Endodontics Preventive Dentistry Biomedical Dentistry ...