MDJ (Makassar Dental Journal)
Vol. 4 No. 4 (2015): Vol 4 No 4 Agustus 2015

Pengaruh penambahan bahan bioaktif pada implan gigi berdasarkan pemeriksaan histologi: (Effect of addition of bioactive materials on dental implant based on the histology examination)

Richard Tetelepta (Unknown)
Edy Machmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2018

Abstract

Implantasi gigi pada tulang alveolar merupakan salah satu metode untuk memberikan retensi dan dukungan kekuatan pada pemasangan gigi tiruan, baik gigi tiruan cekat maupun lepasan. Keberhasilan jangka panjang dari implantasi gigi sangat tergantung pada penyembuhan yang cepat dengan integrasi yang aman ke dalam tulang rahang. Performa implan ditunjukkan oleh mekanisme interaksi antara bahan implan dengan jaringan sekitarnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut berbagai modifikasi permukaan implan titanium telah dilakukan agar bersifat bioaktif sehingga terjadi oseointegrasi, diantaranya adalah membuat permukaan titanium menjadi bioaktif melalui modifikasi komposisi kimia dan topografi permukaan implan yang bersesuaian sebagai retensi sel tulang pada permukaan implan titanium. Pada pemeriksaan histologi gambaran struktur mikro hasil karakterisasi scanning electron microscope memperlihatkan bahan bioaktif atau hidroksiapatit yang terdapat pada permukaan implan terluar merupakan modifikasi permukaan yang bertujuan untuk menambahkan bioaktivitas perlekatan implan dan jaringan tulang, sehingga dihasilkan perlekatan mekanis dan biologis yang baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MDJ

Publisher

Subject

Dentistry

Description

The journal receives a manuscript from the following area below Dentistry science and development with interdisciplinary and multidisciplinary approach: Dental Public Health and Epidemiology Oral and Maxillofacial Surgery Dental Conservation and Endodontics Preventive Dentistry Biomedical Dentistry ...